Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Tingkatkan Keterampilan Warga Desa Sutojayan, Begini Upaya Mahasiswa KKN Kelompok 3 Unikama

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

31 - Aug - 2022, 13:41

Kelompok 3 KKN Reguler Unikama Gelar pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan warga Desa Sutojayan (Ist)
Kelompok 3 KKN Reguler Unikama Gelar pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan warga Desa Sutojayan (Ist)

JATIMTIMES - Kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) ditempatkan di Desa Sutojayan, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang. Pemberangkatan mahasiswa telah dilakukan sejak 2 Agustus 2022 dan berakhir 31 Agustus 2022.

Di sana, kelompok KKN ini berkomitmen untuk memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat. Pemetaan telah dilakukan para mahasiswa, termasuk dosen pendamping hingga akhirnya ditetapkan1 program kerja utama dan 3 program kerja pendukung. 

Salah satu program tersebut adalah Pelatihan dan Strategi Pemasaran Bucket Snack terhadap ibu PKK Desa Sutojayan yang dilaksanakan sebanyak 2 kali. Rinciannya, sekali pada ibu PKK desa pada tanggal 12 Agustus 2022 yang bertempat di Balai Desa Sutojayan dan sekali pada ibu PKK RW 01 pada tanggal 23 Agustus 2022 yang bertempat di Sekretariat Desa Sutojayan. 

1

Pelatihan dan Strategi Pemasaran Bucket Snack untuk dapat membantu meningkatkan keterampilan ibu PKK serta dapat membantu membuka lapangan pekerjaan di kalangan ibu PKK Desa Sutojayan

"Saat ini bucket snack lagi ngetren banget di kalangan remaja hingga dewasa sebagai hadiah untuk wisuda ataupun ulang tahun," ujar Kharisma selaku penanggung jawab proker bucket snack. 

Pihaknya juga menjelaskan, yang menjadi target pasar dalam usaha bucket snack ini yaitu kepada para remaja dan dewasa. Pada usia tersebut, mereka lebih sering membutuhkan produk ini untuk dijadikan sebagai hadiah terhadap orang-orang tersayang. 

"Kami melihat peluang ini sebagai peluang bisnis yang bisa dikerjakan. Dengan mengadakan pelatihan bucket akan membantu ibu-ibu mengembangkan usahanya di rumah dengan waktu yang fleksibel," terangnya.

2

Selain itu, masyarakat juga diberikan pengetahuan cara melakukan pemasaran yang tepat dan efektif. Salah satunya adalah melalui media sosial. Sehingga, pemasaran yang dilakukan dapat menjangkau kalangan lebih luas dan dapat langsung menjangkau pasar yang menjadi target.

"Ibu PKK dapat lebih memahami mengenai cara menentukan siapa yang menjadi target pasar, berapa harga jual, dan cara memasarkan bucket snack agar dapat dijangkau oleh para konsumen," pungkasnya.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri