Guru Ini Bersihkan Rambut Murid yang Penuh Kutu, Panen Pujian Warganet

Aug 31, 2022 13:03
Proses pembersihan rambut siswi oleh sang guru.(Foto: @zeraazzahra/istimewa).
Proses pembersihan rambut siswi oleh sang guru.(Foto: @zeraazzahra/istimewa).

JATIMTIMES - Menjadi seorang guru sudah sepatutnya untuk memperhatikan kondisi muridnya. Terutama hal tersebut dimaksudkan agar sang murid bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di dalam kelas dengan aman, nyaman dan lancar. 

Seperti sebuah moment yang direkam dalam video dan diunggah oleh akun TikTok bernama @zeraazzahra. Dalam video tersebut, nampak seorang guru sedang merapikan rambut salah satu siswinya. 

Bukan tanpa alasan, setelah diperiksa rambut siswi tersebut terdapat banyak kutu. Guru tersebut lantas menceritakan awal mula hingga didapati bahwa rambut siswinya itu dipenuhi kutu. 

Menurut pengakuan sang guru, siswinya tersebut kerap garuk-garuk kepala saat sedang kegiatan belajar mengajar. Guru itu pun menanyai siswinya, kenapa sering garuk-garuk. 

"Ini adalah siswa kelas IV, awalnya itu kok kelihatan garuk-garuk. Lalu saya tanyain kenapa kok garuk-garuk. Lalu dia menjawab, katanya gatal," ujar guru tersebut dalam videonya. 

Setelah itu, teman yang duduk di belakang siswi tersebut berkata kepada gurunya bahwa ada kutu yang terlihat sedang berjalan di hijab siswi tersebut. Guru itu pun lantas memeriksa kebenaran laporan siswinya. 

"Lalu saya periksa ternyata benar ada kutu yang keluar dari dalam hijabnya. Lalu saya kepo, dan saya buka kerudungnya, ternyata aku dapati ternyata banyak banget kutu dan juga telurnya," terang sang guru. 

Siswa itu pun lantas dibawa keluar ruangan kelas untuk dibersihkan rambutnya. Dibantu dengan seorang guru lain, rambut siswi itu disisir dan dirapikan. 

Saat proses menyisir rambut sang siswi, terlihat sangat banyak kutu yang berjatuhan dari rambutnya. Dengan alas dari kerudung berwarna putih milik siswi itu, kutu-kutu yang berwarna gelap itu semakin terlihat. 

Dengan sabar, guru tersebut nampak memeriksa dan menyisir helai demi helai rambut siswinya. Bahkan atas persetujuan sang murid, guru itu juga dengan hati-hati memangkas beberapa bagian rambutnya. 

Di tengah proses merapikan rambut siswinya, sang guru juga menanyakan kepada si murid apakah kondisi yang sedang dialami tersebut sudah diketahui orang tuanya. Siswi itu pun mengaku bahwa orang tuanya tahu namun tak sempat memberikan perawatan atau pengobatan. 

Dirinya pun berharap bahwa dengan upaya tersebut, setidaknya kondisi rambut siswanya bisa sedikit pulih dan kutunya juga berangsur berkurang. Tujuannya, agar si murid bisa lebih nyaman saat mengikuti kegiatan belajar mengajar. 

Sementara itu, tindakan sang guru tersebut menjadi viral. Bahkan, aksinya itu menuai banyak pujian dari warganet. Hal tersebut disampaikan melalui kolom komentar. 

"Jarang ada guru yg mau merhatikan murid smp ky gini.. sht selalu bu guruu," ujar komentar @alleenokta122.

"sesibuk atau serepot apapun minimal anak diperhatikan kebersihanya wlwpun rumah berantakan tp anak keurus," ujar komentar @gonaku7.

"Ya Allah, Trima kasih bu guru mau se gitunya ngrawat anak didiknya,smoga kutunya ilang dan smoga mendapatkan keberkahan untuk ibu guru smua," ujar komentar @trin91.

"kawal terus bu guru yg baik hati... kasih obat kutu. maaf ga tau nama obatnya. Bisa beli di apotik. In syaa Allah akan bersih dr kutu," ujar komentar @tarsianabowo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru