Peduli, Kapolresta Malang Kota Ajak Ratusan Disabilitas Ziarah ke Makam Bung Karno

Aug 31, 2022 12:53
Disabilitas Kota Malang saat ziarah ke Makam Bung Karno (foto: istimewa)
Disabilitas Kota Malang saat ziarah ke Makam Bung Karno (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto memberangkatkan ratusan disabilitas untuk ziarah ke Makam Bung Karno dan berkunjung ke wisata edukasi Kampung Cokelat, Blitar. Ratusan disabilitas ini difasilitasi dan diberangkatkan dengan menggunakan kereta api.

Kepada JatimTIMES, Budi Hermanto atau yang akrab disapa BuHer ini menjelaskan bahwa pihaknya menerima masukan dari kelompok disabilitas Kota Malang. Bahwa mereka menginginkan untuk ziarah ke Makam Bung Karno dan ke wisata edukasi Kampung Cokelat.

“Jadi ada keinginan dari teman-teman difabel untuk naik kereta dan ke Makam Bung Karno. Kebetulan momen ini tepat masih dalam suasana perayaan HUT RI di bulan Agustus dan Hari Jadi Polwan ke-74. Menanggapi hal itu, kami langsung menyambut baik keinginan mereka dengan memberangkatkan ke Blitar,” kata BuHer kepada JatimTIMES, Rabu (31/8/2022).

Dalam hal ini, Polresta Malang Kota tak sendirian. Mereka juga bekerja dengan J99 Corp untuk memfasilitasi disabilitas pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan itu diikuti kurang lebih 140 teman-teman difabel, 90 pendamping, ada pula personel dari Polresta Malang Kota (yang mendampingi pada kegiatan tersebut),” terang Budi Hermanto.

Perjalanan teman-teman disabilitas menggunakan kereta api (foto: istimewa)

Tak hanya itu, Budi menuturkan bahwa teman-teman disabilitas dari Kota Malang juga disambut anggota Polisi dari Polres Blitar dan Polres Blitar Kota. Di situ mereka bersinergi dengan Polresta Malang Kota untuk mendampingi disabilitas saat kegiatan di Blitar.

“Kegiatan di sana nanti mereka juga akan ke Kampung Coklat, di situ mereka akan ada semacam pelatihan agar motivasi teman-teman difabel bisa terus semangat,” beber BuHer.

Terpisah, relawan pendamping disabilitas Yuning Kartikasari atau yang akrab disapa Yuyun mengapresiasi Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Budi Hermanto yang sangat peduli dengan disabilitas. Karena dalam hal ini, pria yang juga pernah menjabat sebagai Kapolres Batu itu sangat responsif kepada disabilitas di Kota Malang.

“Pak Kapolresta memang sangat peduli dengan disabilitas, sampai bapak Kapolresta itu dijuluki bapak Disabilitas Kota Malang. Jadi kegiatan ini juga alam rangka Hari Polwan ke-74, mungkin ini momen pak Kapolresta untuk memfasilitasi teman-teman disabilitas untuk wisata edukasi ke Blitar,” ungkap Yuyun saat dihubungi JatimTIMES.

Disabilitas Kota Malang saat berada di Kampung Cokelat (foto: istimewa)

Yuyun pun mengakui bahwa teman-teman disabilitas sangat senang ketika difasilitasi oleh Polresta Malang Kota. Mulai dari naik kereta api hingga berkunjung ke Makam Bung Karno dan ke wisata edukasi Kampung Cokelat.

“Tadi waktu di kereta api mereka (teman-teman disabilitas) bercerita, baru kali ini kami merasa senang naik kereta api dan difasilitasi seperti ini,” kata Yuyun menirukan teman-teman disabilitas.

Hal yang sama juga dikatakan Yuyun ketika teman-teman disabilitas tiba di Makam Bung Karno. Karena rata-rata, kedatangan mereka baru pertama kali di makam Proklamator Kemerdekaan Indonesia itu.

“Saat sampai di Makam Bung Karno, mereka merasa sangat senang sekali, karena selama ini mereka hanya bisa lihat di gambar atau cerita,” beber Yuyun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru