Bupati Malang Terima Penghargaan dari Gubernur Khofifah di Festival Mangrove Jatim ke I 

Aug 30, 2022 18:49
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat mewakili Bupati Malang HM. Sanusi menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.(Foto: Istimewa).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto saat mewakili Bupati Malang HM. Sanusi menerima penghargaan dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Bupati Malang HM. Sanusi dinilai berpartisipasi aktif oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dalam mendukung kegiatan pembangunan kehutanan di Jatim. Hal tersebut yang mendasari diperolehnya penghargaan oleh Bupati Sanusi dan mendapat predikat sebagai Pembina Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM). 

Penghargaan itu diterima Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto saat hadir mewakili Bupati Malang dalam acara Festival Mangrove Jawa Timur ke-1 bertempat di Mangrove Park Pasuruan, Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan, Selasa (30/8/2022). Dalam festival tersebut, ada sebanyak 5 kepala daerah se-Jatim yang mendapat penghargaan. 

Selain untuk Bupati Malang, Bupati Jombang, Bupati Mojokerto, Bupati Pamekasan, dan Bupati Ponorogo juga mendapatkan penghargaan dengan predikat masing-masing. Acara kemudian dilanjutkan penanaman tanaman mangrove, pelepasan burung belibis kepala hitam dan pucak madu serta kepiting oleh Khofifah.

Didik Gatot Subroto mengatakan, keberadaan hutan mangrove dinilai sangat vital untuk pembaruan oksigen. Sehingga, perlu dilakukan upaya bersama dengan kesadaran masyarakat dalam memperhatikan lingkungan. 

''Memberi efek bagi kekuatan alam terhadap keberadaan oksigen yang ada di dunia dengan menanam di suatu wilayah. Jika memberikan manfaat berarti nikmat Tuhan yang cukup mahal dan menghasilkan hal luar biasa," ujar Didik.

Didik menilai, penanaman mangrove tersebut akan berdampak sangat luar biasa jika bisa diikuti oleh wilayah lain. Apalagi, dengan penghargaan tersebut, Kabupaten Malang telah membuktikan perannya dalam upaya pelestarian lingkungan. 

Selain kepala daerah, salah satu warga Desa Rejosari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jaiz juga mendapat penghargaan dari Gubernur Jatim. Yakni sebagai juara I Tingkat Provinsi Lomba Wana Lestari Tahun 2022 Kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat. 

Dengan capaian tersebut, Didik berharap bisa menginspirasi masyarakat Kabupaten Malang lainnya. Terlebih untuk penanaman mangrove, menurutnya bisa dimulai dari kawasan yang berada di Pantai Sendang Biru. Dan dalam pelaksanaannya bisa melibatkan berbagai pihak. 

''InsyaAllah nanti akan menanam bersama-sama TNI Angkatan Laut dengan warga masyarakat. Sebagai pelaku langsung pemerintah daerah dan Bapak Bupati Malang memberikan support maka ini bisa diikuti lainnya dan menjadi bagian inspirasi untuk kepeduliannya terhadap lingkungan," pungkas Didik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru