Malangtimes

Unikama Helat Orientasi Mahasiswa PPG Daljab Kategori 2, Rektor Tekanan Mahasiswa Pahami Nilai-Nilai Profesi

Aug 30, 2022 17:15
orientasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (Daljab) kategori 2 (Ist)
orientasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (Daljab) kategori 2 (Ist)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) menghelat orientasi mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan (Daljab) kategori 2 tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid ini diikuti oleh 208 peserta.

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian, MSi menyampaikan, para mahasiswa PPG Daljab diharuskan untuk mengenal nilai-nilai profesi. Mahasiswa PPG harus dapat menjadi tauladan yang baik sebagai seorang.

"Mahasiswa PPG harus memiliki komitmen yang kuat sebagai seorang pendidik atau guru yang digugu dan ditiru," pesannya dalam orientasi yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Malang (24/8/2022).

1

Selain itu, Rektor ramah ini juga memberikan paparan materi terkait tantangan pendidikan dan pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Mahasiswa diharapkan untuk lebih kreatif dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman. Hal ini tentunya agar dapat menjadi lulusan yang unggul dan berdaya saing.

Koordinator PPG Unikama, Dr Nurul Ain MSi menyampaikan orientasi mahasiswa PPG Daljab kategori 2 ini bertujuan untuk mengenalkan tentang kampus Unikama, terutama proses pembelajaran serta kurikulum PPG yang tentunya beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Mahasiswa juga dikenalkan dengan Learning Management System (LMS) yang akan digunakan dalam pembelajaran nantinya. "Dengan orientasi ini, mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan PPG yang akan diselenggarakan," terangnya.

2

Wakil Rektor I, Drs Choirul Hudha MSi turut memberikan kuliah umum. Dalam paparanya, membahas tentang guru profesional. Menurutnya, seorang guru mampu mengerti dan menyadari potensi yang ada pada dirinya. Bahkan, manakala terdapat sebuah kesalahan, guru yang profesional tak segan untuk melakukan introspeksi.

"Guru yang baik menyadari kesenjangan antara apa yang diinginkan dengan apa yang ada pada dirinya, kemudian menyadari kesalahannya ketika memang bersalah" paparnya.

Sementara itu, orientasi ini diikuti oleh 208 peserta. Mereka terbagi dalam dalam 4 bidang, yakni 105 mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 35 mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), 34 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, dan 34 mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia. 

Dalam momen tersebut, para mahasiswa PPG Daljab kategori 2 juga diberikan informasi terkait jadwal, teknis hingga sistem pembelajaran PPG. Serta dilanjutkan dengan pengenalan instruktur di masing-masing bidang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru