Dukung Kemandirian Warga, Pemkot Batu Beri Bantuan Gerobak hingga Genset

Aug 30, 2022 16:26
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat memberikan bantuan dibeberapa titik lokasi, Selasa (30/8/2022).(Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat memberikan bantuan dibeberapa titik lokasi, Selasa (30/8/2022).(Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES- Pemkot Batu tahun 2022 mengucurkan dana Rp 90 Juta untuk bantuan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Batu. Bantuan diserahkan langsung oleh Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso di beberapa titik lokasi, Selasa (30/8/2022).

Punjul memberikan bantuan kepada tiga KPM, dari 9 KPM pada tahun 2022 ini. Bantuan yang didistribukan di antaranya rombong es campur, rombong mie pangsit dan genset.

Penyerahan bantuan sarana dan prasarana ini bertujuan untuk menunjang usaha KPM, sehingga bisa mandiri. “Bantuan yang diberikan ini sesuai dengan kebutuhan dan usaha masing-masing keluarga,” ucap Punjul.

“Karena sudah mandiri, penerima bantuan ini sudah tidak mendapatkan bantuan lagi dari pemerintah,” imbuh Punjul.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Batu, Ririk Mashuri menambahkan, Pemkot Batu menyiapkan anggaran 90 juta rupiah yang telah direalisasikan dalam bantuan sarana prasarana berupa 2 unit genset, 1 mesin jahit dan 6 rombong.

“Tahun ini kita anggarkan 90 juta rupiah. Nantinya bantuan ini akan diberikan setiap tahun kepada KPM yang sudah mandiri, setiap tahun akan kita data,” kata Ririk.

Salah satu penerima bantuan, Elisa, mengaku bersyukur dengan bantuan sarana genset yang diberikan. Bantuan ini sangat mendukung usaha yang dilakukannya bersama suami.

“Suami saya punya usaha persewaan sound system, alhamdulillah senang sekali dan bisa terbantu dengan bantuan dari Dinsos Pemerintah Kota Batu,” ujar Elisa.

Sedang PKM merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada Keluarga Miskin (KM), yang ditetapkan sebagai KPM PKH. Setelah menerima bantuan dan pelatihan pemberdayaan, KPM PKH diarahkan untuk berwirausaha dan memiliki usaha sendiri.

Untuk menunjang usaha tersebut, diberikan bansos dan bantuan sarana agar mampu membuka usaha secara mandiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru