Identitas Mayat Perempuan yang Ditemukan Telanjang di Jombang Terungkap

Aug 30, 2022 12:58
Polisi melakukan olah TKP penemuan mayat perempuan telanjang. (istimewa)
Polisi melakukan olah TKP penemuan mayat perempuan telanjang. (istimewa)

JATIMTIMES - Misteri mayat perempuan telanjang yang ditemukan warga di areal persawahan Dusun Kesung Asem, Desa/Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Jombang, mulai terungkap. Identitas mayat misterius itu dipastikan oleh pihak keluarganya.

Awalnya polisi kesulitan menemukan identitas korban karena jasad sudah mengalami pembusukan. Oleh karena itu, polisi telah melakukan berbagai upaya untuk mengungkap identitas mayat perempuan tersebut.

Salah satunya, polisi memindai sidik jari korban ke alat MAMBIS (mobile automatic multi biometric indentification system). Namun, alat MAMBIS tidak bisa mendeteksi identitas korban karena disuga korban belum rmelakukan peekaman E-KTP (KTP elektronik) semasa hidup.

Selanjutnya polisi menyebarluaskan sketsa wajah korban beserta ciri-cirinya ke media sosial. Setelah itu, ada keluarga yang mencari anaknya yang hilang beberapa hari lalu.

"Kemarin ada satu keluarga yang meyakini korban adalah keluarganya," kata Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat, Selasa (30/08/2022).

Dikatakan Nurhidayat, keluarga meyakini korban adalah anak angkatnya yang pergi tanpa pamit beberapa hari lalu. Korban diperkirakan berusia 36 tahun, warga Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri.

Identitas korban dipastikan pihak keluarga dari pakaian korban yang ditemukan oleh polisi di sekitar TKP. (tempat kejadian peristiwa) Juga ciri khusus berupa bekas luka di tangan korban.

"Bisa dibenarkan. Yang bersangkutan (keluarga korban, red) sudah tahu persis, baik dari wajah dan pakaian yang digunakan," ujar kapolres.

Berdasarkan keterangan keluarga, korban kerap kali kabur dari rumah dan berupaya menyakiti diri sendiri. "Yang bersangkuatan (korban, red) ini ada perilaku suka menyakiti diri sendiri, termasuk suka kabur dari rumah. Dari keterangan bapak asuhnya, yang bersangkutan beberapa kali pergi dari rumah tanpa pamit. Untuk masalah gangguan kejiwaan, kami masih minta surat keterangan dari keluarga yang bersangkutan," ucap Nurhidayat.

Sementara, polisi saat ini masih menunggu hasil autopsi tim forensik RS Bhayangkara Kediri untuk mengungkap penyebab kematian korban. Jasad korban saat ini juga masih berada di kamar jenazah RSUD jombang.

"Untuk penyebab kematian, kami masih menunggu. Namun dugaan bahwa terjadi kekerasan, apakah itu akibat perbuatan diri sendiri atau orang lain, kami masih menunggu penyebab kematiannya. Nanti kami konfirmasi ketika hasil autopsi sudah keluar," kata kapolres.

Mayat perempuan tersebut pertama ditemukan oleh Kadir (60) saat mencari rumput di areal persawahan Dusun Kedung Asem, Desa/Kecamtan Bandar Kedungmulyo, Jombang, Senin (29/8/2022) sore sekitar pukul 16.00 WIB. Korban ditemukan dalam kondisi telanjang bulat dengan posisi tubuh telungkup dan kaki agak menekuk sedikit.

Sekitar 100 meter dari TKP, polisi menemukan pakaian korban berupa kemeja putih motif kotak-kotak warna-warni, celana training biru dengan garis putih, celana pendek biru, dan sepatu warna merah muda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru