SKM Terhadap Layanan Disnaker-PMPTSP Kota Malang 2021 Sangat Baik, IKM Capai 95,94

Aug 29, 2022 19:13
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah saat berada di Mal Pelayanan Publik "Merdeka" Kota Malang. (Foto: Istimewa) 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah saat berada di Mal Pelayanan Publik "Merdeka" Kota Malang. (Foto: Istimewa) 

JATIMTIMES - Selama 2021, Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap layanan Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang masuk dalam kategori penilaian A atau sangat baik. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah mengatakan, SKM tersebut dilakukan secara online melalui website izol.malangkota.go.id mulai tanggal 1 Januari 2021 hingga 31 Desember 2021.  Di mana, dalam SKM tersebut terdapat sembilan pertanyaan yang diberikan kepada pengguna layanan izol.malangkota.go.id yang dikelola oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang. 

Dari rekapitulasi yang dilakukan oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang secara online menunjukkan sebanyak 3.721 peserta yang mengikuti survei dan menjawab sembilan pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya, dilakukan sistem penjumlahan keseluruhan untuk menemukan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Ditemukan nilai IKM terhadap layanan Disnaker-PMPTSP Kota Malang sebesar 95,94 dengan nilai indeks 3,84 dan mutu pelayanan termasuk dalam kategori A atau sangat baik.  Untuk diketahui, sembilan pertanyaan yang diberikan dalam SKM secara online ini meliputi pelayanan melalui izol.malangkota.go.id. 

Di antaranya pertanyaan mengenai bagaimana pendapat masyarakat tentang kesesuaian persyaratan pelayanan dengan jenis pelayananannya, mendapatkan nilai 95,73; lalu bagaimana pemahaman masyarakat tentang kemudahan prosedur pelayanan di unit ini, mendapatkan nilai 95,65; bagaimana pendapat masyarakat tentang kecepatan waktu dalam memberikan pelayanan, mendapatkan nilai 94,84. 

Selanjutnya, bagaimana pendapat masyarakat tentang kewajaran biaya atau tarif dalam pelayanan, mendapatkan nilai 96,77; bagaimana pendapat masyarakat tentang kesesuaian produk pelayanan antara yang tercantum dalam standar pelayanan dengan hasil yang diberikan, mendapatkan nilai 95,84. 

Kemudian, bagaimana pendapat masyarakat tentang kompetensi atau kemampuan petugas dalam pelayanan, mendapatkan nilai 95,85; lalu bagaimana pendapat masyarakat tentang perilaku petugas dalam pelayanan terkait kesopanan dan keramahan, mendapatkan nilai 95,96. 

Selanjutnya, bagaimana pendapat masyarakat tentang kualitas sarana dan prasarana, mendapatkan nilai 95,39; terakhir bagaimana pendapat masyarakat tentang penanganan pengaduan pengguna layanan, mendapatkan nilai 97,47.  Mahmudah berharap, dengan capaian IKM 95,94 kategori A atau sangat baik ini, tidak membuat para petugas dari Disnaker-PMPTSP Kota Malang menjadi terlena. 

"Kita harus tetap melakukan pembenahan untuk pelayanan agar lebih baik dan masyarakat lebih puas terhadap pelayanan yang sudah kita lakukan," ungkap Mahmudah kepada JatimTIMES.com, Senin (29/8/2022). 

Disinggung mengenai pembenahan dan peningkatan layanan kepada masyarakat, pihaknya mendorong agar pihak-pihak instansi terkait yang masuk dalam website izol.malangkota.go.id agar mengubah tanda tangan secara manual menjadi tanda tangan elektronik (TTE). 

"Jadi pelayanan yang melalui izin online 22 sudah TTE, yang belum izol itu ada 29 layanan. Ke depan akan kami tingkatkan agar ada beberapa yang masuk izol dan sudah TTE," terang Mahmudah. 

Selain itu, pihaknya juga terus berupaya mendekatkan seluruh layanan khususnya dalam hal perizinan dengan masyarakat. Salah satunya dengan menempatkan Mal Pelayanan Publik (MPP) "Merdeka" Kota Malang di kawasan titik nol Kota Malang. 

"Harapan ke depan dengan hadirnya MPP di tengah kota, masyarakat itu tidak lagi sulit untuk mengurus layanan, baik perizinan maupun non perizinan. Sehingga tidak perlu jauh ke block office tetapi bisa di layani di titik nol Kota Malang," pungkas Mahmudah. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru