TPID Kota Malang Gelar Operasi Pasar Pengendalian Inflasi secara Bertahap di 63 Titik

Aug 29, 2022 18:14
Sekretaris TPID Kota Malang Bagian Perekonomian, Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (SDA) Elfiatur Rokhiah saat ditemui awak media di lokasi operasi pasar pengendalian inflasi di halaman Kuburan Londo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Senin (29/8/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES) 
Sekretaris TPID Kota Malang Bagian Perekonomian, Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (SDA) Elfiatur Rokhiah saat ditemui awak media di lokasi operasi pasar pengendalian inflasi di halaman Kuburan Londo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Senin (29/8/2022). (Foto: Dok. JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Malang menggelar operasi pasar pengendalian inflasi di halaman Kuburan Londo, Jalan Sudanco Supriadi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. 

Sekretaris TPID Bagian Perekonomian, Infrastruktur dan Sumber Daya Alam (SDA) Elfiatur Rokhiah menyampaikan, gelaran operasi pasar pengendalian inflasi ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota (Pemkot) Malang melalui TPID untuk menindaklanjuti hasil Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Nasional bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada pekan lalu. 

"Jadi apa saja komoditi yang sedang mengalami peningkatan harga di pasar, kemudian juga beberapa komoditi yang harganya sudah turun tapi masih cukup tinggi di pasar, ini kami lakukan (operasi pasar pengendalian inflasi)," jelas Elfiatur kepada JatimTIMES.com, Senin (29/8/2022). 

Perempuan yang juga bertindak sebagai Ketua Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tugu Aneka Usaha (Tunas) Kota Malang ini menuturkan, bahwa gelaran operasi pasar pengendalian inflasi yang digelar di halaman Kuburan Londo Sukun ini merupakan kali pertama dari TPID Kota Malang. 

Untuk selanjutnya, kegiatan serupa bakal digelar secara rutin dan bertahap di puluhan titik lainnya hingga Bulan Desember 2022 mendatang. 

"Insya allah akan kita lanjutkan satu minggu sekali secara bergilir di titik-titik lain sampai Desember, Insya allah nanti ada 63 titik lokasi (operasi pasar pengendalian inflasi)," terang Elfiatur. 

Lebih lanjut, untuk komoditi pangan yang diperjualbelikan dalam operasi pasar pengendalian inflasi merupakan komoditi pangan yang mengalami kenaikan harga di pasaran, salah satunya telur ayam. 

Operasi pasar pengendalian inflasi.

Maka dari itu, dalam menggelar kegiatan operasi pasar pengendalian inflasi ini pihaknya bekerja sama dengan Perumda Tugu Aneka Usaha Kota Malang untuk menyediakan telur ayam, daging ayam, tepung terigu, bawang merah, cabai, minyak goreng kemasan, gula pasir, beras premium dan beras medium.  

"Dalam operasi pasar ini kami menyediakan telur dan daging ayam di harga produksi, untuk transport di subsidi oleh Badan Pangan Nasional maupun Bank Indonesia," ujar Elfiatur. 

Elfiatur mengatakan, dalam berjalannya operasi pasar pengendalian inflasi, pihaknya bekerja sama dengan Perumda Tugu Aneka Usaha Kota Malang, Gapoktan binaan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Malang, Usaha Mikro Kecil Menengah binaan dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Bulog serta ID Food. 

Sebagai informasi, berikut harga untuk komoditi pangan yang diperjualbelikan di operasi pasar pengendalian inflasi di halaman Kuburan Londo Sukun, Kota Malang. Di antaranya telur ayam Rp 26 ribu per kilogram, daging ayam Rp 28.500 per kilogram, tepung terigu Rp 10.100 per kilogram, bawang merah Rp 19 ribu per kilogram, cabai Rp 22.500 per kilogram, gula pasir Rp 12.500 per kilogram, beras premium Rp 52.500 per lima kilogram, beras medium Rp 43 ribu per lima kilogram, serta minyak goreng kemasan Rp 14.200 per liter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru