Disnaker-PMPTSP Kota Malang Gelar Pelatihan Digital Marketing, 50 Pencari Kerja Cari Peruntungan

Aug 29, 2022 12:25
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang Siti Mahmudah (tengah berdiri) saat membuka pelatihan digital marketing di MaxOne Ascent Hotel Malang, Senin (29/8/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang Siti Mahmudah (tengah berdiri) saat membuka pelatihan digital marketing di MaxOne Ascent Hotel Malang, Senin (29/8/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang menggelar pelatihan kerja bidang kompetensi digital marketing dengan melibatkan 50 peserta yang merupakan para pencari kerja. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disnaker-PMPTSP Kota Malang Siti Mahmudah menjelaskan, kegiatan pelatihan kerja digital marketing yang dibiayai oleh Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan kompetensi peserta tentang digital marketing yang dapat dimanfaatkan sebagai bekal mencari kerja atau memulai usaha. 

"Pada akhirnya (kegiatan pelatihan kerja digital marketing) akan dapat meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan masyarakat," ungkap Mahmudah saat memberikan sambutan dalam pembukaan pelatihan kerja digital marketing di MaxOne Ascent Hotel Malang, Senin (29/8/2022). 

Pengalungan tanda peserta.

Terlebih lagi, menurut Mahmudah, di tengah era digital 4.0 dan society 5.0, seluruh manusia pada akhirnya harus berdampingan dan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi yakni dari era analog menuju arah digitalisasi. 

Pihaknya menyebut, dengan adanya pelatihan kerja digital marketing ini juga dapat meningkatkan kualitas taraf hidup manusia secara berkelanjutan. 

"Begitu dengan digital akan efisiensi waktu, biaya, masyarakat bisa langsung ke perdagangan e-commerce, dia browsing di hp-nya masing-masing," ujar Mahmudah. 

Selain itu, dengan adanya pelatihan kerja digital marketing ini masyarakat yang selama dua tahun belum memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan karena pandemi Covid-19 dapat memulai usaha. 

Materi wirausaha.

Sehingga dengan adanya pelatihan kerja bagi para pencari kerja oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang dapat menekan tingkat pengagguran terbuka (TPT) Kota Malang. 

Dengan adanya pelatihan kerja digital ini, Mahmudah mengimbau agar adanya digital marketing tidak membawa dampak sosial yang negatif ke masyarakat. 

"Nantinya para pemilik usaha jika membuat pemasaran agar memerhatikan kultur sosial di masyarakat Kota Malang dan harus memahami pangsa pasarnya, tidak yang membuat sensasi (berujung ke arah negatif)," terang Mahmudah. 

Foto bersama.

Sebagai informasi, pelaksanaan pelatihan kerja digital marketing oleh Disnaker-PMPTSP Kota Malang menggunakan anggaran DBHCHT Tahun 2022 dengan melibatkan LKP Citra Komputer yang diikuti oleh 50 peserta pencari kerja. 

Nantinya, sebanyak 50 pencari kerja ini akan mengikuti pelatihan kerja digital marketing selama enam hari dimulai pada hari Senin (29/8/2022) hingga Sabtu (3/9/2022) di MaxOne Ascent Hotel Malang. Selama enam hari tersebut, lima hari untuk pelatihan dan satu hari untuk uji kompetensi. 

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan kerja digital marketing Muhammad Iqbal Firmansyah berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan kerja digital marketing ini mampu menambah kelimuan di bidang pemasaran yang dilakukan secara digital. 

"Saya berharap mendapatkan kiat-kiat terkait digital marketing dari para narasumber untuk meningkatkan kemampuan, sehingga dapat diterapkan di usaha yang akan saya geluti," tandas Iqbal. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru