Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Hasil Pilkades Serentak 5 Desa di Kota Batu, 2 Petahana Kembali Terpilih

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

29 - Aug - 2022, 12:21

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mencoblos surat suara di bilik TPS 23 Desa Pesanggrahan.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mencoblos surat suara di bilik TPS 23 Desa Pesanggrahan.

JATIMTIMES - Pemikihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 5 desa di Kota Batu berjalan kondusif dan aman, Minggu (28/8/2022). Dua petahana berhasil kembali mempertahankan suara hati warganya.

“Alhamdulillah pilkades serentak tahun 2022 ini berjalan lancar, aman, dan kondusif,” ucap Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko.

Pilkades di 5 desa itu yakni Desa Sumber Brantas, Desa Sumbergondo, Desa Bulukerto, Desa Pandanrejo, dan Desa Pesanggrahan. Sebelumnya ada 3 petahana yang kembali mencalonkan diri, tetapi hanya 2 petahana yang berhasil merebut kembali posisinya.

Dua petahana ini adalah Imam Wahyudi dari Desa Pesanggrahan dan Abdul Manan di Desa Pandanrejo. Imam Wahyudi berhasil mendapatkan 2.799 suara dan mengalahkan Moestari yang mendapatkan 2.528 suara atau hanya selisih 271 suara.

Sementara Abdul Manan berhasil mengumpulkan 2.242 suara, selisih 1.165 suara dari lawan terberatnya Sukisyanto yang mendapatkan 1.077 suara. Sedangkan satu petahana yang tidak bisa lagi menjadi kepala desa adalah Suwantoro dari Desa Bulukerto.

Kini Desa Bulukerto bakal dipimpin oleh Suhermawan yang berhasil mengumpulkan 2.021 suara. Jumlah itu terpaut tipis dengan petahana Suwantoro yang memperoleh suara 2.011, beda tipis 11 suara.

Lalu yang berhasil memenangkan suara hati warga Desa Sumber Brantas adalah Saniman. Saniman berhasil mendapatkan suara cukup tinggi yakni 1.974, jika dibandingkan lawannya, Suwito yang hanya mengumpulkan 894 suara.

Sementara di Desa Sumbergondo, suara terbanyak berhasil diraih Hadi Purwanto yang mendapatkan suara cukup tinggi yakni 1.578 suara. Sementara lawan di bawahnya hanya berhasil mengumpulkan 907 suara, yakni Yoyok Pudji.

Total daftar pemilih tetap (DPT) yang menyuarakan haknya di lima desa peserta pilkades serentak sebanyak 26.830 pemilih. Rinciannya Desa Pandanrejo sebanyak 4.610 pemilih, Desa Pesanggrahan sebanyak 9.736 pemilih, Desa Bulukerto sebanyak 4.949 pemilih, Desa Sumbergondo sebanyak 3.253 pemilih. Serta Desa Sumber Brantas sebanyak 3.535 pemilih.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri