Kaltim Segera Miliki Buper Bertaraf Internasional, Gubernur: Jadi Aset Nasional

Aug 28, 2022 15:28

JATIMTIMES - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya meningkatkan fasilitas dan pembangunan fisik. Terbaru, kawasan yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) itu akan merealisasikan pembangunan bumi perkemahan (Buper) bertaraf internasional.

Pembangunan Buper yang diproyeksikan sebagai yang terluas di Indonesia itu akan berada dekat dengan lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

“Kita akan bangun bumi perkemahan yang tidak hanya luas tapi juga terbaik dan bertaraf internasional,” kata Gubernur Kaltim, Dr Ir H Isran Noor, M.Si, Rabu (24/8/2022), sebagaimana dikutip dari website Kominfo Kaltim.

Menurutnya, pembangunan Buper di Kaltim saat ini sudah masuk tahap Detail Engineering Design (DED). Buper Kaltim bertaraf internasional ini sendiri akan dibangun di atas lahan seluas 500 hektare (ha), lebih luas dari Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur di DKI Jakarta yang menjadi pusat kegiatan kepramukaan dengan luas sekitar 230 ha.

Isran Noor berharap, pembangunan Buper di Kaltim ini mendapat dukungan pendanaan dari pemerintah pusat. Karena nantinya, fasilitas buper ini dapat menjadi aset nasional. Bahkan bukan tidak mungkin akan menjadi pusat kegiatan kepramukaan baru di wilayah IKN.

Terkait pembangunan Buper bertaraf internasional itu, Isran berencana menyampaikannya langsung kepada Presiden Joko Widodo, untuk meminta dukungan pembangunan Buper di Kaltim ini.

Pembangunan Buper Kaltim ini ditarget rampung dalam dua hingga tiga tahun ke depan. Sementara saat ini, proses pembangunannya sendiri tengah ditangani Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Provinsi Kaltim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru