Pesan untuk Pelaku UMKM, Diskopindag: Jangan Sembarangan Akses Permodalan 

Aug 28, 2022 15:04
Kepala Bidang Usaha Micro, Dinas Perindustrian, Koperasi dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Nugroho Dwiputranto SH (kiri)(Diskopindag)
Kepala Bidang Usaha Micro, Dinas Perindustrian, Koperasi dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Nugroho Dwiputranto SH (kiri)(Diskopindag)

JATIMTIMES - Para pelaku UMKM diimbau agar tidak mudah tergiur dengan bujuk rayu layanan akses permodalan atau Pinjaman Online (pinjol) ilegal. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Bidang (Kabid) Usaha Micro, Dinas Perindustrian, Koperasi dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Nugroho Dwiputranto SH.

"Masyarakat kami sarankan jangan sembarangan akses permodalan. Apalagi Pinjol yang ilegal. Sebisa mungkin pastikan lembaga pinjaman telah berizin dan dalam pengawasan lembaga terkait," jelasnya.

Lebih lanjut, Nugroho menjelaskan jika yang menjadi kendala utama pelaku UMKM memang terkait masalah permodalan. Hal ini tentunya banyak dimanfaatkan pelaku penyedia pinjaman ilegal untuk menggaet nasabah dengan iming-iming syarat atau proses pencarian yang tak ribet.

"Banyak kasus usai melakukan pinjaman mereka justru resah dan terjerat Pinjol bahkan usahanya sampai gulung tikar," paparnya.

Karena itu, Nugroho mengimbau agar masyarakat mengaksses permodalan pada lembaga-lembaga resmi, seperti halnya koperasi maupun perbankan. Hal ini tentunya harus tetap penuh pertimbangan kemampuan dalam proses pelunasan, sehingga di kemudian hari tidak terjadi sebuah masalah.

"Pokoknya jangan yang ilegal. Gunakan fasilitas yang ada. Ada koperasi, kemudian ada Kredit Usaha Rakyat (KUR) di perbankan," jelasnya.

Dalam upaya mencegah pelaku UMKM terjerat Pinjol ataupun masalah dalam permodalan, Diskopindag gencar melakukan sosialisasi dalam setiap kegiatan yang melibatkan UMKM. 

"Kami terus berikan pemahaman, sehingga para UMKM ini lebih memahami risiko-risiko, sehingga tidak terjerat Pinjol dan bisa mengakses permodalan pada lembaga yang resmi," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru