Pilkades Serentak 5 Desa Ada 26.830 Pemilih Berikan Hak Suaranya, Wali Kota Batu Coblos di TPS 23

Aug 28, 2022 14:17
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat akan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 23, Dusun Lahor, Desa Pesanggaran Minggu (28/8/2022).
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat akan memasukkan surat suara ke dalam kotak suara di TPS 23, Dusun Lahor, Desa Pesanggaran Minggu (28/8/2022).

JATIMTIMES - Sebagai warga Desa Pesanggarahan Kecamatan Batu yang kini menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko memanfaatkan hak suaranya untuk memilih calon kepala desa (cakades) di TPS 23, Dusun Lahor, Minggu (28/8/2022). 

Tak hanya Dewanti, warganya sebanyak 26.830 pemilih juga menggunakan hak pilihnya. Dewanti pun harus memilih salah satu dari 5 cakades dari Desa Pesanggarahan yang terbaik untik desanya. Yakni nomor urut 1 Imam Wahyudi, No urut 2 Moestari, No Urut 3 Sugeng Subagya, No Urut 4 Sutarno, dan No Urut 5 Rosihan.

Yakin dengan pilihannya, Dewanti langsung memasukkan surat suara ke dalam kotak suara. Usai memasukkan surat suara itu, Dewanti mengaku puas haknya sebagai warga bisa tersuarakan.

Dewanti datang dengan mengenakan pakaian kemeja warna hitam dan celana hiram kain, dilengkapi hijab warna putih tulang. Ia pun langsung menunjukkan jari yang sudah tercelup tinta bersama warga lainnya, artinya bahwa mereka telah mengeluarkan hak pilihnya.

“Alhamdulillah saya sudah menggunakan hak pilih saya, semoga yang terpilih adalah yang terbaik dalam menjalankan tugas,” kata Wali Kota Batu.

Dalam Pilkades ini Dewanti memantau pelaksanaan di 5 desa, pilkades berjalan dengan lancar dan kondusif dengan bantuan petugas pengamanan. “Seperti yang kita lihat, situasi dan kondisinya, semuanya kondusif. Semoga semuanya lancar,” harap Dewanti.

Sebelumnya, Dewanti juga memaparkan persiapan dan tahapan pilkades serentak di Kota Batu, kepada Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri RI. Bahkan mereka juga mengapresiasi Pilkades serentak di Kota Batu.

“Alhamdulillah, Kementerian sangat mengapresiasi apa yang kita lakukan. Mulai dari tahapan hingga proses pemilihan kepala desa, semoga nanti semua hasilnya akan baik,” imbuh Dewanti

Sementara itu Pilkades Serentak tahun 2022 ini terdapat di lima desa yakni Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu sejumlah 26 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 4 desa lainnya ada di Kecamatan Bumiaji.

Di antaranya Desa Sumber Brantas sejumlah 9 TPS, Desa Sumbergondo 8 TPS, Desa Bulukerto ada 12 TPS dan Desa Pandanrejo sebanyak 11 TPS. Totalnya daftar pemilih tetap (DPT) di lima desa peserta pilkades serentak sebanyak 26.830 pemilih.

Rinciannya Desa Pandanrejo sebanyak 4.610 pemilih, Desa Pesanggrahan sebanyak 9.736 pemilih, Desa Bulukerto sebanyak 4.949 pemilih, Desa Sumbergondo sebanyak 3.253 pemilih. Serta Desa Sumber Brantas sebanyak 3.535 pemilih.

Sedangkan dari lima desa di Kota Batu terdapat tiga kepala desa petahana pun berhasil kembali melenggang sebagai calon kades (cakades). Ketiga cakades petahana ini adalah Suwantoro di Desa Bulukerto, Imam Wahyudi di Desa Pesanggrahan, dan Abdul Manan di Desa Pandanrejo.

Berikut rincian 20 cakades dari 5 desa di Kota Batu :

1. Desa Pesanggaran, Kecamatan Bumiaji

Ada 5 cakades:

No urut 1. Imam Wahyudi

No urut 2. Moestari

No Urut 3. Sugeng Subagya

No Urut 4. Sutarno

No Urut 5. Rosihan

2. Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji

Ada 5 cakades:

No urut 1. Lutfi Ani Mastufah

No urut 2. Hasan Bisri

No urut 3. Asep Abianto

No urut 4. Abdul Manan

No urut 5. Sukisyanto

 

3. Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji

Ada 2 cakades:

No urut 1. Suwantoro

No urut 2. Suhermawan

 

4. Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji

Ada 4 cakades:

No urut 1. Yoyok Pudji Purnomo

No urut 2. Sutrisno

No urut 3. Riyanto

No urut 4. Hadi Purwanto

 

5. Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji

Ada 4 cakades:

No urut 1. Sunaryo

No urut 2. Suliono

No urut 3. Suwito

No urut 4. Saniman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru