PAN Umumkan 9 Bacapres Usulan Kader di Daerah, Terbagi 3 Klaster

Aug 28, 2022 11:18
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Istimewa) 
Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan. (Foto: Istimewa) 

JATIMTIMES - Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengumumkan sembilan nama bakal calon presiden (bacapres) di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022) malam. 

 Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas mengatakan, rekomendasi sembilan nama pejabat dan politisi yang masuk bursa bacapres dari PAN untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tersebut melalui tahapan yang demokratis. 

Dia menyebut PAN telah melaksanakan 'Program PAN Memilih' untuk calon-calon kepemimpinan nasional yang dijalankan dengan melakukan penjaringan aspirasi rakyat di tingkat akar rumput melalui mekanisme partai yaknk pada Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PAN di 514 kabupaten/kota. 

Kemudian, hasil Rakerda PAN tersebut dibawa ke tingkat Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) PAN di 34 provinsi. Selanjutnya, hasil rakerwil dilanjutkan pembahasan di Rakernas PAN dan terakhir dikerucutkan dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) PAN. 

Zulhas mengatakan, sembilan nama pejabat dan politisi ini terbagi dalam tiga klaster. Mulai dari klaster ketua umum atau elite partai, klaster teknokrat dan klaster kepala daerah. 

Untuk klaster pertama di posisi ketua umum dan elite partai, Zulhas menyebut terdapat tiga nama tokoh yang diusulkan sebagai bacapres PAN dalam Pilpres 2024. Yakni Zulkifli Hasan, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PPP Suharso Monoarfa dan elite PDIP Puan Maharani. 

"Pertama, PAN saat ini sudah berada dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini harus punya peran dalam kontestasi politik mendatang. Oleh karena itu, semua ketua partai dalam KIB bisa didorong. Satu Zulkfili Hasan. Terima kasih. Kader pasti ingin ketumnya. KIB itu ada 3. Kedua Golkar, diusulkan beberapa DPW Pak Airlangga untuk jadi capres. Ketiga Pak Suharso Monoarfa dari PPP. Satu lagi pimpinan PDIP Bu Puan Maharani. Itu dari parpol ya," jelas Zulhas. 

Kemudian, untuk klaster kedua yakni klaster menteri atau teknokrat. Dalam klaster ini, hanya ada satu nama yang diusulkan, yakni Menteri BUMN RI Erick Thohir. 

"Kedua, unsur teknokrat. Kader-kader PAN dari berbagai daerah melihat sosok Menteri BUMN, Erick Thohir untuk maju dalam pilpres 2024," ujar Zulhas. 

Selanjutnya, di  klaster ketiga terdapat empat nama kepala daerah yang diusulkan oleh kader-kader PAN di daerah untuk maju sebagai bacapres dari PAN untuk Pilpres 2024. 

"Ini paling semarak diusulkan dari berbagai daerah. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, ada Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa," tandas Zulhas. 

Berikut sembilan nama pejabat dan politisi yang masuk dalam bursa bacapres PAN melalui hasil Rakernas ke-III di Istora Senayan, Jakarta:

1. Zulkifli Hasan
2. Airlangga Hartarto
3. Suharso Monoarfa
4. Puan Maharani
5. Erick Thohir
6. Ganjar Pranowo
7. Anies Baswedan
8. Ridwan Kamil
9. Khofifah Indar Parawansa 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru