Terkendala Jarak, Damkar Kabupaten Malang Bakal Siagakan 1 Unit Pemadam Kebakaran di Ngantang

Aug 27, 2022 20:14
Salah satu mobil damkar milik Kota Malang (Foto : Dokumen JatimTIMES)
Salah satu mobil damkar milik Kota Malang (Foto : Dokumen JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pemadam kebakaran Kabupaten Malang berencana menyiagakan unit armada pemadam kebakaran khusus di Kecamatan Ngantang. Hal itu dilakukan untuk memangkas waktu jika terjadi kebakaran di Kecamatan Ngantang dan sekitarnya.

"Kalau terjadi kebakaran di Ngantang dan sekitarnya itu kami membutuhkan waktu hingga berjam-jam untuk bisa sampai di lokasi kejadian. Karena jaraknya kan memang jauh. Perjalanan saja bisa menempuh waktu hingga 1,5 jam," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Goly Karyanto saat dikonfirmasi JatimTIMES.com, Sabtu (27/8/2022).

Sekedar informasi, saat ini ada sekitar 9 armada pemadam kebakaran yang dimiliki Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Sebanyak 9 unit tersebut disiagakan di kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Malang yang ada di kawasan Pendopo Agung dan Pendopo Panji.

Lantaran pertimbangan jarak itulah, Goly memutuskan untuk menyiagakan unit pemadam kebakaran khusus di wilayah Kecamatan Ngantang dan sekitarnya. "Paling tidak di Kecamatan Ngantang, Pujon, Kasembon itu ada 1 unit yang stand by disana," jelas Goly.

Namun dari beberapa pertimbangan, khusus di ketiga kecamatan tersebut, Goly menyarankan untuk mensiagakan setidaknya 1 armada pemadam kebakaran khusus di Kecamatan Ngantang.

"Mungkin yang tepat di Kecamatan Ngantang, sehingga kalau ke Kasembon dekat kakau ke Pujon juga dekat, jadi yang tengah-tengah ya di Ngantang," jelas Goly.

Namun demikian, masih menurut Goly, gagasan tersebut masih menunggu keputusan dari Pemerintah Kabupaten Malang. Sebab, jika direalisasi Goly memastikan butuh 1 armada baru. Alasannya, armada pemadam kebakaran yang ada saat ini sudah disiagakan untuk mencover daerah lain dari 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

"Tidak perlu mobil pemadam yang besar, cukup mobil pemadam dengan kapasitas sedang atau kecil antara 800 sampai 1.000 liter saja sudah cukup sebenarnya," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru