Tingkatkan Kelas Pelaku Usaha dan UMKM, Diskoperindag Kota Malang Gencar Sosialisasikan Sertifikasi Halal

Aug 27, 2022 17:51
Kepala Bidang Perindustrian Diskopindag Kota Malang, Yuke Siswanti (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Bidang Perindustrian Diskopindag Kota Malang, Yuke Siswanti (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Produk halal saat ini memang gencar ditekankan oleh pemerintah, termasuk halnya Pemkot Malang. Berbagai upaya dan sosialisasi pun terus gencar dilakukan Dinas Perindustrian, Koperasi dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Malang untuk mendorong para pelaku usaha maupun UMKM bersertifikat halal. 

"Dari awal tahun kami terus melakukan sosialisasi. Kami undang pihak kelurahan maupun kecamatan. Kemudian kami juga lakukan sosialisasi di media sosial. Kami juga turun ke lapangan," jelas Kepala Bidang Perindustrian Diskoperindag Kota Malang, Yuke Siswanti. 

Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Penyelenggara Produk Halal telah mengamanatkan bahwa semua produk minuman dan makanan di Indonesia harus bersertifikat halal mulai Oktober 2024 mendatang. Oleh karena itu, para pelaku usaha maupun UMKM harus mulai mempersiapkan sejak dini.

Tetapi, lanjut Yuke, dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dilakukan dirasa belum sampai atau masih ada yang belum memahami sampai tingkatan bawah. Untuk itulah, petugas Diskoperindag Kota Malang terus berusaha untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat.

"Kami jemput bola. Kami turun ke lapangan, misal ketika ada sebuah event kami masuk. Kami sediakan tenda, kami sediakan tim untuk menyosialisasikan," jelasnya.

Di sana, pelaku usaha yang belum memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) juga bisa dibantu untuk bagaimana prosesnya ke dinas terkait.  Masyarakat sebenarnya bisa melakukan kepengurusan secara online lewat Online Single Submission (OSS). Akan tetapi, masyarakat masih banyak yang belum memahami terkait pemakaian teknologinya.

"Kami membantu sampai terbitkan, sampai kami print out kan. Sehingga masyarakat bisa tenang sudah punya NIB," jelasnya.

Pembinaan selanjutnya adalah terkait merek. Dalam momen sosialisasi juga disampaikan, bahwa kepengurusan merek di Diskoperindag adalah gratis. Kemudian penekanan sertifikat halal adalah hal penting. Sebab, ini menjadi upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas produk. Hal tersebut tentunya berimbas pada kepercayaan konsumen yang lebih meningkat karena produk yang dibeli atau dikonsumsinya merupakan produk halal. Selain itu, hal ini tentunya akan berimbas pada pemasaran produk yang meningkat.

Begitu juga dalam menembus pasar global, tentunya hal ini akan jauh lebih mudah. Dengan produk yang berkualitas, tentunya akan mampu bersaing di pasar global.

"Sertifikat halal ini menaikkan kelas mereka. Makanya kami lakukan pendampingan. Pemerintah memberikan fasilitas untuk pelaku usaha atau UMKM lebih berkualitas produknya," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru