Malangtimes

Lewat ICDP, Kolaborasi Kampus Binus dan Mahasiswa Asing Dorong Pengembangan Pariwisata Desa Gubugklakah

Aug 26, 2022 19:30
Mahasiswa Binus mengikuti International Community Development Program (ICDP) 2022 (Ist)
Mahasiswa Binus mengikuti International Community Development Program (ICDP) 2022 (Ist)

JATIMTIMES - 38 mahasiswa Binus bersama mahasiswa asing mengikuti International Community Development Program (ICDP) 2022. Kegiatan ini terselenggara atas kolaborasi Binus Greater Jakarta, Binus Malang dan Binus Bandung. Rangkaian program ini berjalan dari 21 - 27 Agustus 2022 di Malang.

ICDP merupakan program pengembangan komunitas yang kali ini dilakukan oleh 38 mahasiswa. 8 mahasiswa Binus Greater Jakarta, 10 mahasiswa BINUS  Malang, 10 mahasiswa BINUS Bandung dan 10 mahasiswa asing yang berasal dari Jepang, Vietnam, Malaysia, Somalia, Zimbabwe, India dan Kamboja.

Para mahasiswa ini diberikan workshop mengenai Design Thinking. Design Thinking sendiri merupakan pendekatan untuk memecahkan masalah yang berpusat pada pengguna. 

Dengan menggunakan Design Thinking tersebut, mahasiswa berusaha memberikan alternatif solusi dari 
kendala yang mereka temukan di komunitas tujuan. Komunitas tujuan dari program ini adalah warga di Desa Gubugklakah, Poncokusumo, Kabupaten Malang. 

1

Desa Gubugklakah, merupakan salah satu desa pariwisata yang ada di kaki Gunung Bromo, yang saat ini juga sedang mengembangkan potensi pariwisatanya dengan fasilitas homestay yang dimiliki warga. 

Untuk menemukan kendala apa yang dialami warga desa, mahasiswa melakukan observasi wawancara dengan warga sekitar berkaitan dengan kendala yang dihadapi dalam proses meningkatkan kualitas kehidupan dan pariwisata.

Dr Diah Wihardini, Binus Global Director menjelaskan, dalam kegiatan ini, para mahasiswa dengan latar belakang, suku, bangsa yang berbeda memiliki kesempatan belajar untuk saling mengerti, memahami, dan bekerja sama untuk mencapai satu tujuan.

"Sungguh, sebuah kesempatan langka dan  unik yang Binus University lakukan dalam rangka kegiatan internasionalisasinya. Untuk ke depannya, kegiatan Summer Program seperti ini akan menjadi kegiatan rutin  yang akan memperkaya pengalaman internasional para mahasiswa," terangnya.

Dr Robertus Tang Herman SE MM, Direktur Kampus Binus Malang menambahkan, tujuan utama program ICDP ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Sehingga, tidak hanya mengikuti workshop Design Thinking, tapi juga langsung menerapkannya langsung di lapangan.

Program yang berjalan secara berkelompok, ini pun mengasah kemampuan para mahasiswa dalam teamwork sekaligus pertukaran budaya antar mahasiswa untuk menambah wawasan maupun pengalaman mahasiswa.

Dengan penerapan ilmu Design Thinking yang telah mereka pahami, diharapkan para mahasiswa mampu memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan yang dialami oleh warga Desa Gubugklakah. Alternatif atas permasalahan yang dialami kemudian dibuat dalam bentuk prototyping yang dipamerkan  pada mini exhibition ICDP 2022.

"Semoga  solusi yang dibuat oleh mahasiswa dapat berguna dalam pengembangan Desa  Gubugklakah," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru