Pilkades Serentak Kota Batu, 302 Tim Gabungan Siap Diterjunkan

Aug 26, 2022 15:51
Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Forkopimda Kota Batu sata nengecek kesiapan petugas di Mapolres Batu, Jumat (24/8/2022)
Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Forkopimda Kota Batu sata nengecek kesiapan petugas di Mapolres Batu, Jumat (24/8/2022)

JATIMTIMES - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bakal berlangsung di 5 desa di Kota Batu, 28 Agustus 2022 mendatang. Kesiapan pengamanan Pilkades pun dilakukan Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin bersama Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Forkopimda Kota Batu di Mapolres Batu, Jumat (24/8/2022).

Kesiapan itu dilakukan dengan melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kesiapan Pengamanan Pilkades. Pasukan apel terdiri dari anggota TNI Kodim 0818 Malang-Batu, Polres Batu, Dishub Kota Batu, Satpol PP Kota Batu, Linmas, Banser dan Pemuda Pancasila.

Pilkades serentak tahun ini terdapat lima desa yakni Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu sejumlah 26 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 4 desa lainnya ada di Kecamatan Bumiaji. Di antaranya, Desa Sumber Brantas sejumlah 9 TPS, Desa Sumbergondo 8 TPS, Desa Bulukerto ada 12 TPS dan Desa Pandanrejo sebanyak 11 TPS.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan, apel diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait, sebelum diterjunkan ke lapangan. Dengan demikian diharapkan, semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal, dalam rangka menyukseskan pengamanan Pilkades Serentak Kota Batu 2022.

“Mengingat arti penting dan strategisnya demokrasi bagi keberlangsungan pemerintah dan pembangunan, baik di tingkat desa, kota maupun nasional sehingga dapat mencapai tujuan Negara. Maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggung jawab untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pilkades di Kota Batu,” ucap Dewanti.

Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggaraan Pilkades bersama TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainya. Tentunya agar pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa Kota Batu dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis.

Sementara itu Kapolres Batu menambahkan, dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas selama berlangsungnya pemilihan kepala desa, pihaknya beserta Jajaran dibantu oleh TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD dan Linmas akan melaksanakan pengamanan pilkades dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, dalam rangka mengamankan Pemilihan Kepala Desa di wilayah Kota Batu.

Setidaknya dalam pengamanan ini diterjunkan sebanyak 302 personel. Terdiri dari Polres Batu dan di BKO dari personel Brimob sebanyak 30 orang serta dari TNI, Satpol PP, BPBD, Dishub dan Linmas,

“Sehubungan dengan pelaksanaan Pengamanan Pemilihan Kepala Desa tersebut, maka dalam implementasinya, akan dilakukan pergelaran fungsi-fungsi kepolisian di lapangan dalam bentuk satuan tugas yang melibatkan 302 personel,” terang Oskar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru