Ikuti Langkah Prabowo-Cak Imin, DPC PKB dan Gerindra Kabupaten Malang Jadwalkan Konsolidasi

Aug 26, 2022 08:26
Ketum Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar beberapa waktu lalu.(Foto: Istimewa).
Ketum Gerindra Prabowo Subianto bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar beberapa waktu lalu.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Mengikuti langkah politis Prabowo dan Cak Imin, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kabupaten Malang dijadwalkan akan segera berkonsolidasi dengan DPC PKB Kabupaten Malang. Hal tersebut sebagai bentuk tindak lanjut atas koalisi yang dibentuk antara Gerindra dan PKB di tataran pusat. 

"DPP (Dewan Pimpinan Pusat) menginstruksikan kami yang di daerah untuk mulai menjalin komunikasi dan berkoordinasi terkait dengan koalisi yang sudah disepakati beberapa saat yang lalu," ujar Ketua DPC Gerindra Kabupaten Malang, Chusni Mubarak.

Hal tersebut untuk membangun kerja sama yang nyata di tingkat daerah dan segera membangun perlibatan kegiatan secara bersama. Tujuannya, juga menyampaikan kepada masyarakat terkait koalisi PKB dan Gerindra. 

"Sebagai bentuk konsolidasi sekaligus sebagai tanda syiar koalisi Gerindra dan PKB kepada masyarakat," tegas Chusni. 

Sementara itu, Wakil Ketua DPC Gerindra Kabupaten Malang, Zia Ulhaq mengatakan bahwa sementara ini, koalisi yang dibentuk tersebut memang masih difokuskan untuk gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres). Untuk itu menurutnya, struktur Gerindra di tingkat daerah harus segera mengambil tindak lanjut. 

"Koalisi ini dibangun untuk Pilpres. Di tingkat wilayah harus ditindaklanjuti. Artinya kader Gerindra dan PKB di daerah bisa ketemu membangun strategi pemenangan," ujar Zia. 

Sebagai informasi, deklarasi koalisi Gerindra dan PKB tersebut dilakukan pada penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra, Sabtu (13/8/2022) lalu. Deklarasi itu dimulai dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto menandatangani piagam kerja sama politik.

Dikutip dari kompas.com, dalam piagam deklarasi tersebut, ada sebanyak 5 poin yang dijelaskan, yakni:

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam pemilu serentak tahun 2024.

2. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat, adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu tahun 2024 dan dapat membuka koalisi dengan partai politik lain atas persetujuan kedua belah pihak.

4. Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama politik Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/ Ketua Umum Partai Gerindra H. Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB H. Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang disepakati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru