Jam Istirahat, Loket Pelayanan Bapenda Kabupaten Malang Tetap Beroperasi

Aug 25, 2022 18:09
Petugas loket pelayanan di Bapenda Kabupaten Malang saat melayani para wajib pajak (Foto : Istimewa)
Petugas loket pelayanan di Bapenda Kabupaten Malang saat melayani para wajib pajak (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Para pegawai khususnya yang bertindak sebagai petugas loket pembayaran pajak, sepertinya bakal bekerja lebih giat lagi. Sebab, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara mengaku bakal menerapkan jam istirahat khusus kepada petugas pelayanan loket, meski sudah memasuki jam istirahat dan makan siang.

"Jam 12.00 WIB biasanya jam istirahat sampai dengan jam 13.00 WIB. Jadi istirahatnya 1 jam. Tapi kemungkinan akan dirubah guna meningkatkan pelayanan, yakni dengan sistem shift," kata Made ketika dikonfirmasi JatimTIMES.com, Kamis (25/8/2022).

Menurutnya, lanjut Made, kebijakan istirahat selama 1 jam ketika memasuki waktu istirahat tersebut dinilai kurang efisien. Sebab, tidak menutup kemungkinan, ketika memasuki jam istirahat dan pelayanan off sementara tersebut dapat mengakibatkan para wajib pajak kurang nyaman.

"Jam istirahatnya akan digilir. Jadi pada saat jam 12.00 itu bisa berigiliran, teman-teman (petugas loket pelayanan) tidak semuanya tutup. Tapi akan tetap ada pelayanan secara bergiliran pada saat mereka makan siang," terangnya.

Saat ini, dijelaskan Made, terdapat sedikitnya 10 loket pelayanan kepada wajib pajak yang disiagakan oleh Bapenda Kabupaten Malang. Di mana, sepuluh loket pelayanan tersebut tidak menutup kemungkinan akan off atau jeda sementara ketika memasuki jam istirahat dan makan siang.

"Saat ini di Bapenda ada 10 loket. Nanti separuh istirahat dan separuhnya lagi mengisi shift secara bergantian. Tapi ketika sudah jam 13.00 WIB semua petugas sudah harus masuk," pungkas pria yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kabupaten Malang ini.

Sekedar informasi, kebijakan shift pelayanan loket ketika memasuki jam istirahat tersebut merupakan tindak lanjut dari Bapenda Kabupaten Malang dalam menanggapi masukan dari masyarakat. Salah satunya yakni dari ulasan google yang disampaikan oleh warganet.

Di mana, dari total 4,2 dari 5 bintang yang diberikan google terkait pelayanan Bapenda Kabupaten Malang, satu diantaranya ada warganet yang menanyakan soal jam istirahat para petugas pelayanan loket.

"Berapa jam istirahat pemerintahan ini," tanya akun bernama Ali tersebut ketika membubuhkan ulasannya di google.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru