Malangtimes

Expo Pariwisata & Ekonomi Kreatif Nusantara ‘Batu Hybrid Event’ Dibuka, Target Perputaran Uang Capai Rp 1,5 Miliar

Aug 25, 2022 15:52
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wawali Punjul Santoso saat melihat Expo Pariwisata & Ekonomi Kreatif Nusantara ‘Batu Hybrid Event’. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wawali Punjul Santoso saat melihat Expo Pariwisata & Ekonomi Kreatif Nusantara ‘Batu Hybrid Event’. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Expo Pariwisata & Ekonomi Kreatif Nusantara “Batu Hybrid Event” diikuti 65 partisipan dari pemerintah kabupaten/kota, ekonomi kreatif, UMKM, dan sebagainya di halaman Balai Kota Batu Among Tani, 25-27 Agustus. Diperkirakan perputaran uang yang bakal terjadi selama tiga hari ke depan di arena pameran ini mencapai Rp 1,5 miliar.

Pameran ini resmi dibuka langsung oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, ditandai dengan dibunyikannya kendang di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani. Usai membuka pameran ini, Dewanti juga berkeliling ke stan pameran.

dewanti-145f4fffe3aa2ba98.jpg

Di pameran itu, ada produk parwisata dan ekonomi kreatif seperti batik, produk olahanan makanan, kerajinan kayu, dan aksesori. Tak cukup itu. Pameran ini. juga dimeriahkan  Festival Kuliner ‘Food Street Nusantara’.

Ada juga gelaran  seni budaya Nusantara yang berlangsung setiap hari. Misalnya Kamis (25/8/2022) bakal dimeriahkan dengan bantengan, Jumat (26/8/2022) ada kesenian jaran kepang, dan Sabtu (27/8/2022) ada rampak barong.

dewanti-378296143527db245.jpg

Pameran juga akan dimeriahkan dengan Fashion On The Street By Ekraf Batu, Nusantara Tourism Forum. Lalu juga live Youtube Promosi Pariwisata Nusantara, pameran virtual. Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah ‘Batu Great Sale’ dan dapatkan tawaran menarik dari produk parekraf Kota Batu. Jadi, sayang sekali jika melewatkan pameran yang digelar Dinas Pariwisata Kota Batu ini.

dewanti-4639ea64d8cde9c1e.jpg

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, konsep yang diusung dalam pameran ini berbasis kelembagaan atau paguyuban dengan menyuguhkan potensi setiap daerah yang dimiliki. Pameran ini diikuti  berbagai daerah, mulai dari Tangerang, Jawa Tengah, dan kawasan Jawa Timur.

“Pameran yang ditampilkan ini adalah produk terbaik untuk meramaikan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI dan ini menjadi tahun ketiga digelarnya event ini,” ucap Arief.

dewanti-2ccf7ddb3812116bc.jpg

Terkait  Batu Great Sale,  ada diskon tiket masuk tempat wisata, hotel restoran dan kafe, dan masih banyak lagi. “Batu Great Sale ini juga akan berlangsung selama tiga hari, dengan perkiraan perputaran uang mencapai Rp 1,5 miliar,” tambah Arief.

Sementara,  Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan,  dengan adanya kegiatan ini, diharapkan produk ekonomi kreatif dan potensi dari berbagai daerah dapat dikenal masyarakat secara luas. Miinat wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Batu juga  bisa meningkat. Selain itu, adanya kegiatan promosi yang dilakukan secara daring dapat mendorong pemasaran UMKM secara digital.

“Expo Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2022 ini menjadi salah satu langkah strategis untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Batu. Semoga bisa tumbuh sampai 5,5 persen,” ujar  Dewanti.

dewanti-5ccf2564e2b0ff253.jpg

Pada pembukaan pameran ini, juga terdapat fashion show by ekonomi kreatif oleh Kangmas Nimas Kota Batu. Batik yang dipamerkan itu sangat menggoda para tamu undangan untuk membelinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru