Ratusan Anggota Polres Malang Lakukan Tes Urine, Ini Hasilnya

Aug 23, 2022 20:29
Pemeriksaan urine dari anggota Polres Malang (foto: Humas Polres Malang for JatimTIMES)
Pemeriksaan urine dari anggota Polres Malang (foto: Humas Polres Malang for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Seksi Profesi dan Pengamanan (Si Propam) Polres Malang pada Selasa (23/8/2022) menggelar operasi Gaktibplin sedang bagi seluruh personel, dan salah satunya juga tes urine. Hasilnya, seluruh personel dinyatakan negatif.

Kegiatan diawali dengan pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan surat-surat identitas dan tes urine setelah pelaksanaan apel pagi.

Kasi Humas Polres Malang, Iptu Ahmad Taufik menjelaskan bahwa sekitar 100 personel Polres Malang mengikuti tes urine. Dari ratusan personel itu, hasil yang didapat tidak ada satu personel yang kedapatan positif narkoba.

“Tidak ada (yang positif), semua negatif mas (saat tes urine),” kata Taufik kepada JatimTIMES, Selasa (23/8/2022).

Sementara itu Kasi Propam Polres Malang, Iptu Syaifullah mengatakan sasaran dari kegiatan ini tidak hanya anggota Polri saja, namun para ASN Polri. Hal itu bentuk mendisiplinkan anggota Polri, baik saat berdinas ataupun tidak.

“Untuk kelengkapan surat-surat kendaraan yang kami periksa tidak hanya kendaraan pribadi milik anggota saja, tetapi kendaraan dinas juga kami periksa kelengkapannya,” ujar Syaifullah.

Selanjutnya, untuk mendukung operasi penegakan tata tertib dan disiplin anggota, Propam Polres Malang juga bekerjasama dengan Urkes Polres Malang. Yang bertujuan untuk melakukan tes urine anggota.

“Kegiatan gaktibplin ini merupakan kegiatan rutin atau lebih tepatnya dilaksanakan setiap bulan,” beber Syaifullah.

Menurutnya, pelaksanaan tes urine dilaksanakan sebagai upaya pengawasan internal untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri maupun ASN di lingkungan Polri.

“Tes urine dilakukan sebagai upaya pengawasan internal untuk mencapai anggota zero dari narkoba. Serta untuk mencegah pelanggaran personel dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari,” jelas Syaifullah.

Pemeriksaan yang bertujuan untuk mendisiplinkan anggota ini, secara rutin akan terus dilakukan di internal Polres Malang. “Sebelum mendisiplinkan masyarakat, maka kita wajib mendisiplinkan internal kami,” tegas Syaifullah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru