Pemkab Malang Terus Optimalisasi KTN untuk Dongkrak Hasil Pertanian

Aug 23, 2022 17:23
Wabup Malang Didik Gatot Subroto usai penanaman jagung di KTN Turen.(Foto: Istimewa).
Wabup Malang Didik Gatot Subroto usai penanaman jagung di KTN Turen.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang terus berupaya mengoptimalisasi keberadaan Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) terkait hasil produksi pertaniannya. Terutama hasil produksi jagung. 

Selasa (23/8/2022), mewakili Bupati Malang HM. Sanusi, Wakil Bupati (Wabup) Malang Didik Gatot Subroto melakukan penanaman jagung di KTN yang ada di Turen Kabupaten Malang. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Utama BNPT, Mayjen TNI Dedi Sambowo, beberapa jajaran Perangkat Daerah, Camat Turen dan Muspika setempat. 

Menurut Didik, kondisi geografis di Kabupaten Malang memang cukup sesuai untuk perkembangan sektor pertanian. Bahkan juga menjadi salah satu sektor penting yang tidak dapat dipisahkan dari sendi kehidupan masyarakat. 

“Sekian banyak komoditas pertanian yang ada, salah satu yang paling produktif dan cukup banyak dihasilkan yakni komoditas jagung. Hal ini bisa di lihat dari kondisi iklim, kesuburan tanah, dan beberapa aspek pendukung lainnya yang menjadikan wilayah Kabupaten Malang sangat cocok untuk ditanami jagung,” ujar Didik.

Selain itu, beberapa waktu lalu juga telah dilakukan panen perdanan jagung di wilayah KTN Turen tersebut. Dimana dari hasil panennya, dinilai cukup sukses. Dan jumlah jagung yang dipanen mencapai 5 ton per hektarnya. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, total kawasan KTN di Turen ini kurang lebih mencapai 15 hektar. Dan selain pertanian, juga ada peternakan yang sedang dikembangkan. 

Dari luas kawasan yang dijadikan lahan pertanian, terbanyak memang ditanami jagung. Varietas jagung yang telah dipanen adalah Corteva. Yang masa panennya bisa mencapai 3 kali panen dalam satu tahun.

Sementara itu,  Pemkab Malang bersama BNPT akan melanjutkan komitmen bersama untuk terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi jagung yang berada di KTN Turen. 

“Saya mohon partisipasi dan kerjasamanya dari semua pihak, agar nantinya hasil panen penanaman jagung dapat meningkat secara signifikan dengan bermodalkan usaha, kerja keras, dan dukungan dari seluruh pihak, kita harus optimis target panen jagung di lahan KTN Turen dapat tercapai, dan produktivitasnya meningkat secara bertahap serta mampu dipertahankan untuk masa tanam di tahun-tahun berikutnya,” jelas Didik.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Malang akan selalu siap untuk mendukung dan membantu menyukseskan program BNPT di wilayah Kabupaten Malang. Dengan pendekatan berbasis kesejahteraan, diharapkan KTN Turen dapat menjadi basis perekonomian baru yang dapat menularkan spirit positif kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Semoga pengembangan KTN Turen nantinya juga dapat berjalan sukses, serta mampu menjadi pilot project dalam upaya pencegahan dan penanggulangan radikalisme, serta terorisme di tingkat daerah dan dapat meningkatkan kemandirian dalam mewujudkan ketahanan ekonomi, agar masyarakat semakin tangguh, dan tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal negatif, serta terjebak aliran radikal yang menyesatkan,” pungkas Didik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru