Malangtimes

2 Efek Buruk Sinar Matahari untuk Kulit, Jangka Panjangnya Ngeri

Aug 23, 2022 12:15
Ilustrasi Kulit Terkena Sinar Matahari
Ilustrasi Kulit Terkena Sinar Matahari

JATIMTIMES - Sinar matahari memang sangat berbahaya bagi kulit, apalagi jika kulit tanpa perlindungan apa-apa. Kulit mudah terbakar akibat sinar UV yang tinggi. Hal itu dapat merusak jaringan kulit yang bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan kulit.

Dikutip dari Instagram @dr.yessicatania, ada dua efek buruk sinar matahari pada kulit yang bisa berjangka pendek dan panjang. Dua efek ini sangat menyeramkan jika terus didiamkan.

Untuk itu dokter cantik itu juga membagikan tips pencegahan dan pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika kulit kita terlalu lama di bawah sinar UV.

Efek Jangka Pendek 

Salah satunya, timbul sunburn pada kulit. Sunburn adalah kondisi kulit terbakar akibat terlalu banyak atau terlalu lama terkena paparan sinar matahari. 

Ciri-ciri dari kulit yang terkena sunburn adalah kemerahan, rasa sakit, gatal disertai sensasi panas saat disentuh. Bahkan jika sudah parah, suburn bisa membuat kulit mengelupas dan melepuh.

Jika kulitmu terkena sunburn, pertolongan pertama yang harus kamu berikan pada kulitmu adalah mandi dengan air dingin dengan suhu ruang. Bukan mandi menggunakan air es.

Selain itu, aplikasikan soothing gel seperti aloe vera. Jika dengan dua cara diatas sunburn mu tak kunjung mengalami perubahan, maka cepatlah untuk konsultasi ke doker kulit.

Efek Jangka Panjang

Penuaan akan menjadi efek utama paparan sinar matahari. Paparan radiasi sinar matahari dapat menyerang dan merusak jaringan elastin kulit yang lantas mengakibatkan regang atau kekenduran. Inilah yang mengakibatkan kulit menjadi rapuh dan keriput. 

Selain itu, akan terjadi pigmentasi. Saat terpapar sinar matahari, tubuh secara otomatis memproduksi pigmen bersama melanin untuk memperbaiki sel yang rusak. Semakin sering dan lama terpapar sinar matahari, semakin banyak sel kulit yang terganggu. Sehingga mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap.

Kanker kulit juga bisa dipicu sinar ultraviolet dari matahari. Paparan UV merusak kulit dan memicu pertumbuhan yang tidak normal pada sel kulit. Kondisi ini berpotensi berkembang menjadi kanker.

Cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari efek tersebut, di antaranya menghindari sinar matahari saat UV index tinggi. Menggunakan sunscreen minimal spf 30 + broadspectrum.

Juga bisa menggunakan pysical protection seperti topi, kacamata dan baju yang tertutup. Mengganti baju saat berkeringat. Menjaga kebersihaan kulit agar terhindar dari infeksi kulit.

Nah itu dia dua efek buruk sinar matahari pada kulit. Dua efek di atas sangat menyeramkan dan berbahaya tentunya. Untuk itu, penting sekali untuk memakai tabir surya atau sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru