Terjatuh Saat Selfie di Gunung Rinjani, Pendaki Israel Berhasil Dievakuasi

Aug 23, 2022 11:47
Evakuasi pendaki Israel yang jatuh di Gunung Rinjani.
Evakuasi pendaki Israel yang jatuh di Gunung Rinjani.

JATIMTIMES- Tim gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi pendaki Boaz Bar Anam yang terjatuh di Gunung Rinjani. Warga Negara Asing (WNA) asal Israel berusia 37 tahun itu ditemukan sudah dalam keadaan tak bernyawa pada Senin, 22 Agustus 2022.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, Nanang Sigit PH korban bernama Boaz Tan Anam itu teridentifikasi kelahiran Israel, dengan kewarganegaraan Portugis.

Usai berhasil dievakuasi, jasad Boaz kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara.

Untuk diketahui, Boaz Bar Anam dilaporkan jatuh ke tebing Gungung Rinjani sedalam 150 meter pada 18 Agustus 2022 pukul 5.30 WITA. Diduga ia terpleset ketika hendak melakukan swafoto atau selfie dengan latar kawah Gunung Rinjani. 

Sempat mengalami kendala saat proses evakuasi, tetapi akhirnya jasad Boaz ditemukan dan dibawa turun.

Pendaki yang berhasil dievakuasi saya terjatuh di gunung rinjani

Awalnya Boaz melakukan pendakian ke puncak gunung setinggi 3.726 mdpl ini. Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriadi menjelaskan BTNGR mendapat laporan seorang pendaki asal Israel Boaz Bar Anam mengalami kecelakaan terjatuh pada Jumat 19 Agustus 2022 pukul 07.18 WITA.

Pendaki Boaz Bar Anam teregistrasi mendaki Gunung Rinjani melalui pintu masuk Sembalun pada tanggal 18 Agustus 2022. Boaz Bar Anam mendaki menggunakan jasa Trekking Organizer (TO) Rudy Trekker.

BTNGR kemudian mendalami informasi dan mendapati kabar Boaz Bar Anam jatuh di Puncak Gunung Rinjani pada pukul 05.30 WITA. Boaz Bar Anam jatuh ke jurang dengan kedalaman 150 meter di lereng ke arah Danau Segara Anak.

"Berdasarkan keterangan dari TO dan guide bahwa korban pada saat sebelum jatuh melakukan foto selfie yang berada di tepi jurang puncak Rinjani," beber Dedy.

Tim Satgas Penanganan Pencarian, Pertolongan dan Evakuasi (P2E) TNGR berkomunikasi dengan Unit SAR Lombok Timur dan SAR Mataram serta Tim Edelweis Medical Health Center (EMHC) dan tim Inafis Polres Lombok Timur sedang berupaya melakukan evakuasi.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. 

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru