Baca Doa Ini di Pagi Hari, Pahalanya Sangat Besar

Aug 23, 2022 07:29
Ilustrasi umat tengah berdoa (pixabay)
Ilustrasi umat tengah berdoa (pixabay)

JATIMTIMES - Doa menjadi salah satu sarana umat manusia memohon kepada sang pencipta, yakni Allah SWT. Doa bahkan merupakan pangkal dari ibadah. Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW : "Doa adalah pangkal (otak-)nya Ibadah."(HR. Tirmidzi)

Allah selalu memperhatikan doa-doa dari hambanya, meskipun doa-doa tersebut tergolong sederhana. Seperti halnya doa ini. Doa sederhana ini dibaca pada pada pagi hari setelah subuh. 

Diolah dari Islam Pos dan beberapa sumber lain, pahala membaca doa ini jangan diremehkan. Pahala yang didapat bagi yang membacanya sangatlah besar. 

Doa ini dibaca sebanyak tiga kali. Berikut doanya "Subhaanallaahi wa bihamdihi: ‘Adada khalqihi, wa ridhaa nafsihi, wa zinata’ arshihi wa midaada kalimaatihi".

Doa tersebut artinya, "Maha Suci Allah, dan Maha Terpuji-lah Dia, sejumlah makhluk ciptaan-Nya, setingkat ridha Diri-Nya, seberat ‘Arsy-Nya, dan sebanyak tinta Kalimat-kalimat-Nya". 

Dari Ummul mu'minin yaitu Juwairiyah binti al-Harits radhiallahu 'anha, Rasulullah SAW keluar dari rumahnya pada pagi hari bersembahyang Subuh. Beliau mendapati saat itu Juwairiyah berada di dalam masjid. 

Kemudian, ketika masuk waktu Dhuha atau menjelang Dzuhur. Rasulallah mendapati Ummul Mu'minin tetap duduk berdzikir seperti semula. Rasulullah pun kemudian bertanya kepadanya. 

"Apakah engkau tetap duduk begini sambil berdzikir seperti saat aku tinggalkan bakda subuh tadi ?". Ummul mu'minin  menjawab, "benar". 

Rasulullah SAW kemudian bersabda,".Sesungguhnya, setelah meninggalkanmu tadi, Aku telah mengucapkan empat lafal dzikir, sebanyak 3 x, yang bisa mengungguli seluruh dzikir yang kamu baca sejak subuh hari ini, yakni: Subhaanallahi wa bihamdihi, ‘adada khalqihi, wa ridhaa nafsihi, wa zinata ‘arsyihi, wa midaada kalimaatih" (HR. Muslim).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru