Pemkot Batu dan Jasa Tirta Terjunkan Tim Susur Sungai Brantas, Update Informasi Perubahan Tata Ruang Sungai

Aug 22, 2022 17:26
Pelepasan Tim Susur Sungai Brantas di Arboretum, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Senin (22/8/2022).
Pelepasan Tim Susur Sungai Brantas di Arboretum, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Senin (22/8/2022).

JATIMTIMES - Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Raymond Valiant Ruritan melepas tim untuk melakukan susur Sungai Brantas. Tim diberangkatkan untuk menyusuri Sungai Brantas yang dimulai Selasa (23/8/2022) besok.

Susur Sungai Brantas akan dilakukan dari Kota Batu sampai Kota Malang. Seremonial pemberangkatan dilakukan di lokasi Arboretum, Desa Sumber Brantas, Kecamatan Bumiaji, Senin (22/8/2022).

Raymond Valiant Ruritan mengatakan, kegiatan ini untuk mendekatkan masyarakat dengan cara bersama-sama menyusuri hulu Sungai Brantas. Tujuannya untuk mengetahui informasi terbaru terkait perubahan tata ruang dan perubahan tangkapan air di sepanjang aliran sungai Brantas agar semua waspada terhadap perubahan kondisi di sungai Brantas.

“Harapan kami, program mencintai air dan lingkungan ini tidak hanya dilaksanakan oleh Perum Jasa Tirta I. Namun juga oleh masyarakat. Dengan begitu, Kota Batu bisa menjadi lumbung air sungai Brantas,” ucap Raymond.

Menurut Raymond, saat ini problem yang dihadapi sungai Brantas adalah banyaknya sampah. Di mana sampah-sampah yang memenuhi sungai Brantas itu banyak yang berasal dari limbah domestik, yakni dari rumah tangga.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini bakal menumbuhkan komunitas-komunitas yang mencintai sungai dan menjaga lingkungan. Tidak hanya di Kota Batu namun juga di tempat lain,” terang Raymond.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berterima kasih telah menghadirkan tim Susur Sungai untuk menjaga kelestarian Sungai Brantas. Demi meminimalisir adanya bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Terima kasih kepada organisasi masyarakat dan komunitas lingkungan hidup yang tidak hanya melaksanakan kegiatan susur sungai Brantas, namun juga secara terus menerus menjaga kelestarian lingkungan sungai Brantas,” ujar Dewanti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru