Presiden Jokowi Canangkan Food Estate Mangga di Gresik

Aug 22, 2022 13:08
Presiden Joko Widodo secara simbolis menanam mangga harum manis di lahan yang dicanangkan sebagai food estate di kawasan Waduk Sukodono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Senin (22/8/2022).
Presiden Joko Widodo secara simbolis menanam mangga harum manis di lahan yang dicanangkan sebagai food estate di kawasan Waduk Sukodono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Senin (22/8/2022).

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi)  melakukan pencanangan food estate berbasis mangga di kawasan Waduk Sukodono, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Senin (22/8/2022).

Pencanangan food estate berada di lahan seluas 1.000 hektare yang tersebar di 22 desa dan empat kecamatan. Selain Panceng, tiga kecamatan lain adalah Dukun, Ujungpangkah, dan Sidayu.

Lahan tersebut sebagian milik petani dan pihak swasta. Semua lahan sudah terintegrasi di dalam satu kawasan dekat dengan embung yang dibangun.

"Harapannya masyarakat sekitar bisa dapat dan pihak swasta juga bisa bergerak," kata Jokowi usai menanam pohon mangga arum manis secara simbolis.

Dalam kurun waktu tiga tahun, pohon mangga sudah bisa produksi. Hasilnya selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, sebagian akan dieskpor ke sejumlah negara seperti  Tmur Tengah, China, Jepang, dan Eropa.

"Permintaan pasar terus bertambah. Kita mulai dari Gresik. Nanti akan dilakukan di kabupaten lain yang memiliki lahan yang cocok untuk mangga," ujar Jokowi.

Selain manajemen penanaman yang sudah baik, harus ada pendampingan selama proses perawatan pohon mangga. Dengan demikian, buah kualitas yang baik bisa dihasilkan. 

Di tempat yang sama, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengapresiasi langkah presiden dalam melakukan pencanangan food estate mangga di Kecamatan Panceng. "Semoga Gresik benar-benar menjalankan program ketahanan pangan nasional," kata mantan ketua DPRD Gresik tersebut di sela-sela mendampingi Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan itu, turut mendampingi Presiden Joko Widodo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, beserta jajaran Forkopimda Jatim dan Gresik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru