Viral Remaja Video Call Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Tanya Biaya Masuk Polisi

Aug 22, 2022 12:39
Potongan video call remaja ke kapolri dan tanya biaya masuk polisi.(Foto: @azrilfaisalakbar/TikTok).
Potongan video call remaja ke kapolri dan tanya biaya masuk polisi.(Foto: @azrilfaisalakbar/TikTok).

JATIMTIMES - Viral sebuah video yang menunjukkan seorang remaja menghubungi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui video call. Dia bahkan berani  bertanya  apakah ada biaya yang diperlukan untuk masuk atau mendaftar menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Video itu viral setelah diunggah  akun TikTok @azrilfaisalakbar.  "Ini nanti maaf Pak ya. Ada kayak biaya tambahan gitu gak Pak? Soalnya kok kan biasanya masuk (anggota) polisi, bayar atau gimana gitu nanti," ujar sang remaja dalam rekaman video tersebut. 

Jenderal  Listyo Sigit pun tak segan merespons pertanyaan remaja tersebut dengan lugas. Ia mengatakan bohong kalau ada yang menyatakan masuk polisi itu bayar 

"Waduh, itu yang ngomong seperti itu bohong," ujar Jenderal Listyo. "Siap Pak," kata si remaja mendengar jawaban kapolri.

Jenderal Listyo juga memastikan bahwa untuk masuk menjadi anggota polisi, tidak ada biaya apa pun. Kapolri  juga meminta, jika ada  informasi seperti itu, silakan dilaporkan ke Divisi Propam Polri. 

"Semua gratis. Kalau ada informasi yang seperti itu, bisa dilaporkan di propam. Nanti akan kami proses itu oknum," tandas kapolri. 

Jenderal Listyo  juga berpesan bahwa untuk menjadi seorang polisi, bukan biaya yang dibutuhkan, melainkan kemampuan dan prestasi bagi si pendaftar.  "Yang jelas untuk masuk polisi, semuanya gratis. Yang penting punya kemampuan dan prestasi," pungkas kapolri. 

Video itu pun cukup menyita perhatian warganet. Banyak warganet yang berkomentar bahwa masih ada oknum yang tidak bertanggung jawab terkait pendaftaran anggota Polri. 

"Benar ngk bayar ini anak saya Daftar jdi polisi lulus tanpa bayar," ujar @meisup*****.

"adekku mau masuk polisi di minta uang 450 juta kata yg urus itu yg paling murah,
gratis masuk tapi yakin pasti gk di luluskan sma petugas," tulis @mheldya******.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru