Serap Aspirasi Masyarakat Blimbing, Wakil Ketua DPRD Asmualik: Ini Sangat Penting

Aug 21, 2022 20:01
Wakil Ketua II DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS Asmualik saat melakukan serap aspirasi masyarakat Kecamatan Blimbing di Gedung Taman Siswa, Kota Malang, Minggu (21/8/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 
Wakil Ketua II DPRD Kota Malang dari Fraksi PKS Asmualik saat melakukan serap aspirasi masyarakat Kecamatan Blimbing di Gedung Taman Siswa, Kota Malang, Minggu (21/8/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Wakil Ketua II DPRD Kota Malang dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Asmualik melakukan kegiatan serap aspirasi masyarakat Kecamatan Blimbing. 

Bertempat di Gedung Taman Siswa Malang Jalan R Tumenggung Suryo, sekitar 100 perwakilan masyarakat Kecamatan Blimbing yang berasal dari unsur RW, tokoh masyarakat, hingga tokoh agama berkumpul menjadi satu. Mereka menyalurkan aspirasinya kepada Asmualik selaku wakil rakyat dan representasi masyarakat Kota Malang, khususnya masyarakat Kecamatan Blimbing. 

Dalam pelaksanaan serap aspirasi atau reses ini, pihaknya pun sampai membagai dua sesi di tempat yang sama agar semua masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya. 

Asmualik

Asmualik mengatakan, dalam penyaluran aspirasi ini terbagi dalam beberapa teknis penyampaian. Yakni pertama masyarakat dapat menuliskan aspirasinya, kedua masyarakat bisa langsung mengucapkan aspirasinya kepada dirinya. 

Dimulai dengan beberapa laporan capaian kinerja dari anggota DPRD Kota Malang khususnya dari Fraksi PKS, Asmualik pun menunjukkan beberapa capaian mulai di bidang pembuatan peraturan daerah hingga penganggaran. 

Dari hasil laporan tersebut, masyarakat pun antusias untuk menyalurkan aspirasinya kepada Asmualik. Pasalnya banyak masyarakat puas atas kinerja Asmualik dalam mengawal aspirasi masyarakat secara langsung. 

Terdapat beberapa aspirasi yang berhasil ditampung langsung oleh Asmualik. Di antaranya terkait penyuluhan hukum, masalah sosial kemasyarakatan, ketahanan keluarga, hingga penggunaan fasilitas umum. 

Pimpinan DPRD Kota Malang yang juga merangkap sebagai anggota Komisi C ini pun menangkap berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat yang nantinya akan menjadi salah satu rujukan penting untuk membuat peraturan daerah serta melakukan penganggaran. 

Nantinya, aspirasi dari masyarakat tersebut akan disatukan dalam sebuah laporan kerja. Di mana laporan kerja tersebut akan menjadi bahan penting untuk melakukan sinkronisasi antara kebutuhan masyarakat dengan rencana kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. 

"Kita sinkronisasikan di situ melalui proses-proses penganggaran, pembuatan perda dan sebagainya," ungkap Asmualik kepada JatimTIMES.com, Minggu (21/8/2022). 

Asmualik

Kemudian, ke depan untuk lebih mempercepat dalam hal memenuhi kebutuhan masyarakat, pihaknya juga akan mengandalkan elemen yang ada di PKS. 

Pasalnya, dirinya selain sebagai perwakilan rakyat, juga merupakan bagian dari partai politik yang telah memfasilitasi dirinya untuk maju sebagai anggota DPRD Kota Malang. 

Lebih lanjut, pihaknya berharap dengan adanya program serap aspirasi ini dirinya dapat semaksimal mungkin memegang amanah sebagai anggota DPRD Kota Malang. 

Menurutnya, jika dirinya tidak mendapatkan masukan dari aspirasi masyarakat ini, dirinya tidak dapat membuat terobosan yang dapat memenuhi seluruh kepentingan masyarakat untuk disinkronkan dengan rencana kebijakan Pemkot Malang. 

"Aspirasi ini bagi saya cukup penting. Sinkronisasi antara kondisi di masyarakat dan di pikiran Pemerintah Kota Malang. Mudah-mudahan kita dapat membuat penganggaran yang terbaik dan peraturan yang terbaik ke depan," tandas Asmualik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru