Malangtimes

Vaksinasi Booster Dosis Kedua Bagi Nakes di Kota Malang Capai 81 Persen

Aug 21, 2022 18:40
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif saat ditemui di Gedung DPRD Kota Malang beberapa waktu lalu. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Pelaksanaan vaksinasi booster dosis kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang saat ini sudah mencapai 81 persen. 

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang dr Husnul Muarif. Husnul menyebut, capaian 81 persen tersebut dari total nakes di Kota Malang yang jumlahnya mencapai 13 ribu orang. Artinya sekitar 10 ribu lebih nakes sudah menerima vaksin booster dosis dua. 

Dinkes Kota Malang menargetkan, pelaksanaan vaksinasi booster dosis kedua bagi 13 ribu nakes di Kota Malang tuntas pada akhir Agustus 2022. 

"(Vaksinasi booster dosis dua) hampir sekitar 81 persen, target selesai Agustus," singkat Husnul, Minggu (21/8/2022). 

Sebelumnya, pada hari Kamis (11/8/2022) lalu, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Malang, sebanyak sembilan ribu nakes dari total 13 ribu nakes di Kota Malang sudah melakukan vaksinasi booster dosis kedua. 

Pekan lalu, Husnul pun menargetkan pelaksanaan vaksinasi booster dosis dua selesai dilakukan pada akhir pekan kemarin atau pada Minggu (14/8/2022). Namun, hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi booster dosis dua masih belum selesai. 

Dia menyebut terdapat beberapa kendala terkait pelaksanaan vaksinasi booster dosis dua. Salah satunya sebanyak 10 persen dari total 13 ribu nakes di Kota Malang telah memasuki masa purna tugas. 

"Kendalanya, pertama sudah sepuh masih masuk nakes purna tugas dari dokter, bidan dan perawat, sehingga itu masih tertunda (pelaksanaan vaksinasi booster dosis kedua)," terang Husnul. 

Berdasarkan hasil pengamatan dan pemeriksaan kesehatan, untuk para nakes yang sudah memasuki masa purna tugas dan lanjut usia (lansia) dalam kondisi tidak sehat. Hal inilah yang membuat tertunda untuk pelaksanaan vaksinasi vooater dosis dua bagi nakes yang lansia. 

Sebagai informasi, sebanyak 13 ribu nakes yang mengikuti pelaksanaan vaksinasi booster dosis kedua terdiri dari para nakes dan orang-orang yang berada di lingkungan fasilitas layanan kesehatan (fasyankes). Di antaranya, dokter, perawat, bidan, security, hingga cleaning service. 

Kemudian, untuk pelaksanaan vaksinasi booster dosis kedua ditempatkan di masing-masing fasyankes di Kota Malang. Untuk tenaga vaksinatornya diambilkan dari masing-masing fasyankes di Kota Malang. Di Kota Malang sendiri terdapat 16 puskesmas, 20 rumah sakit dan 45 klinik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru