Malangtimes

Pengembangan Pendidikan Tinggi, UIN Maliki Malang Bersinergi dengan Pemda Lumajang 

Aug 21, 2022 13:17
Dari kiri, Ketua Senat UIN Malang Prof Muhtadi Ridwan, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Rektor UIN Malang Prof Zainuddin MA (UIN Malang)
Dari kiri, Ketua Senat UIN Malang Prof Muhtadi Ridwan, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Rektor UIN Malang Prof Zainuddin MA (UIN Malang)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, menjalin koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lumajang, Minggu (21/8/2022). Hal ini dilakukan terkait dengan pengembangan pendidikan tinggi yang direncanakan bertempat di atas lahan perhutani Lumajang.

Bupati Lumajang, H Thoriqul Haq, bertemu langsung dengan jajaran pimpinan UIN Maliki Malang, baik Rektor, Ketua Senat dan jajaran lainnya. 

Dalam arahannya, Bupati Lumajang, bahkan berharap untuk kampus dengan slogan Ulul Albab itu bisa melakukan ekspansi ke Lumajang. Sebab, Lumajang saat ini menjadi pilot project sebagai kawasan pengelolaan hutan sosial nasional. Luasan lahan hutan Lumajang, bahkan mencapai 53 persen. 

Dalam perkembangannya, tentu peran perguruan tinggi akan sangat membantu dalam menghadapi tantangan ke depan yang semakin besar dan kompleks. Ke depan tantangan semakin besar dan sangat terbuka lebar, semua saling berlomba maju dan berkembang.

1

Untuk itu, di sektor penelitian sains dan pendidikan, pemerintah Lumajang berharap bisa berkolaboratif dengan UIN Maliki Malang. Kampus PTKIN di Jawa Timur ini yang terdepan UIN Maliki Malang. 

"Universitas yang memiliki Fakultas Sains dan Teknologi serta kedokterannya ini dimiliki oleh UIN Maliki Malang," paparnya dalam Sidang Pleno Senat UIN Maliki Malang di Kabupaten Pasuruan. 

Lebih lanjut, dalam keilmuan, UIN Maliki Malang telah mengintegrasikan antara sains dan Islam. Hal ini tentunya sangat pas dengan kebutuhan Kabupaten Lumajang untuk pengembangan sektor pendidikan yang intelektual dan berakhlak.

"Saya ingin UIN Malang bisa sharing konsep untuk kemudian bisa saling memberikan manfaat," harapnya.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan, jika 5 sampai 10 tahun ke depan, planning ini bisa terwujud sehingga membuat Lumajang  menjadi daerah yang berkembang maju dengan adanya lembaga pendidikan yang memadukan sains dan juga agama. "Saya yakin kehadiran UIN Maliki Malang akan bisa memberikan banyak manfaat," tukasnya.

2

Sementara itu, Rektor UIN Maliki Malang Prof Dr HM Zainuddin MA menyambut baik rencana tersebut. Pihaknya, mengamini rencana itu agar segera ditindak lanjuti bersama. 
Menurutnya, pemanfaatan lahan negara untuk kepentingan pendidikan, tentu akan memberikan banyak manfaat. 

Tetapi, tentu semua membutuhkan proses. Proses peralihan fungsi lahan, memerlukan kordinasi dan proses perizinan ke pemerintah pusat. "Semoga bisa segera terwujud, semoga rencana mulia9 ini juga diberikan kemudahan," pungkasnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru