Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Viral, Uang Baru Ditolak Petugas Pom Bensin

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

21 - Aug - 2022, 11:00

Cuplikan sekilas video yang diunggah Sis Wanto. (Foto: TikTok @Sis Wanto)
Cuplikan sekilas video yang diunggah Sis Wanto. (Foto: TikTok @Sis Wanto)

JATIMTIMES - Beberapa saat lalu Bank Indoneisa mengeluarkan uang baru emisi 2022. Sayang, tampaknya masih banyak masyarakat yang belum tahu atau mengenal uang baru itu.

Buktinya, ada kejadian viral karena masyarakat menolak uang baru itu. Kejadian itu terjadi  saat membeli bahan bakar minyak (BBM)di sebuah pom di Lampung.

Kejadian itu diungkapkan salah satu warganet uang mengunggah video di TikTok @Di Wanto. Video itu berisi keluhan dan memperlihatkan uang pecahan Rp 50 ribu yang baru.

@Sis Wanto ingin keluhannya itu bisa sampai atau didengarkan pemerintah. “Tolong rekan rekan semua bila oerlu didengarkan pemerintah,” ucap @Sis Wanto.

Dengan uang Rp 50 ribu itu, niatnya ingin membeli bensin. Namun saat @Sis Wanto memyodorkan uang baru emisi 2022 itu, petugas pom menolaknya.

“Saya membeli minyak pakai uang baru ini tidak berlaku di Pertamina (pom),” ungkap @Sis Wanto. “Saya membeli minyak di Jalan Pagar Alam. Uang ini dinyatakan tidak berlaku untuk beli minyak, pdahal ini uang baru,” tambah @Sis Wanto.

@Sis Wantu pun dalam akhir video  meminta kepada Bank Indonesia untuk memberikan kejelasan  uang baru tersebut berlaku atau tidak.

Beberapa saat lalu, Bank Indonesia baru saja meluncurkan uang rupiah kertas baru tahun emisi 2022. Gambar uang baru emisi 2022 yang terdiri dari pecahan Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000.

Sebenarnya, tidak terdapat perbedaan mencolok pada gambar utama bagian depan dan belakang antara uang tahun emisi 2022 dan 2016. Gambar uang kertas baru emisi 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan sebagaimana uang emisi 2016.

Sedangkan pada bagian belakang, gambar uang baru emisi 2022 masih bertema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora).


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni