Puncak Pekan QRIS Nasional 2022, Wali Kota Sutiaji Dorong Masyarakat Transaksi Melalui QRIS

Aug 20, 2022 21:26
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi dan Danlanal Malang Kolonel Laut Dewi Lestari (kiri) menabuh genderang tanda penutupan Pekan QRIS Nasional 2022, Sabtu (20/8/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang for JatimTIMES) 
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) bersama Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang Samsun Hadi dan Danlanal Malang Kolonel Laut Dewi Lestari (kiri) menabuh genderang tanda penutupan Pekan QRIS Nasional 2022, Sabtu (20/8/2022). (Foto: Humas Pemkot Malang for JatimTIMES) 

JATIMTIMES - Di momentum puncak Pekan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Nasional 2022 yang digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Wali Kota Malang Sutiaji terus mendorong kepada seluruh masyarakat agar bertransaksi menggunakan QRIS. 

Hal itu disampaikan Sutiaji saat memberikan sambutan di penutupan Puncak Pekan QRIS Nasional 2022 di Halaman Kantor Perwakilan BI Malang, Jalan Merdeka Utara, Nomor 7, Kota Malang, Sabtu (20/8/2022). 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini mengatakan, jika dahulu berbelanja di toko ritel modern, uang kembalian terkadang diganti dengan permen atau ditawarkan untuk berdonasi dengan uang kembalian belanja. 

Puncak.

Di mana menurutnya, masing-masing orang akan ada yang ikhlas ada pula yang secara terpaksa mengiyakan tawaran atau pemberian dari pegawai di toko ritel modern. 

"Tapi ini dengan QRIS tidak ada itu semua, semua transparansi. Sesuai dengan agama yang saya yakini bahwa ketika kita transaksi, utang piutang atau apapun disuruh mencatat. Itu sudah tercatat di hp kita, di rekening kita semua. Kita sudah mulai beli hanya dengan QRIS," ujar Sutiaji. 

Di mana pembayaran menggunakan QRIS sangat mudah dan modern. Pasalnya, semua terpusat pada handphone (hp) tiap-tiap masyarakat. Dengan pembayaran menggunakan QRIS akan semakin memudahkan masyarakat untuk bertransaksi jual beli. 

Ke depan, pihaknya pun berharap alasan orang mencari HP nya tidak lagi karena komunikasi dengan seseorang, namun diharapkan alasan mencari HP untuk melakukan pembayaran transaksi jual beli, tentunya dengan menggunakan QRIS. Alhasil, di mana pun berada masyarakat cukup membawa HP untuk bertransaksi. 

"Kalau dulu orang yang banyak uangnya ATMnya yang banyak. Kalau sekarang orang yang miskin yang banyak ATMnya. Karena ada kartu KIS, KIP, ada Kartu Raskin, ada kartu-kartu yang lain, sehingga orang miskin itu ATMnya banyak. Sekarang orang yang kaya tidak bawa ATM tapi cukup dengan HP," terang Sutiaji. 

Gowes.

Lebih lanjut, pihaknya pun berharap agar penerapan pembayaran menggunakan QRIS ini dapat menjadi kekuatan di seluruh sektor kegiatan dan kebutuhan masyarakat. 

"Saya mohon doanya Malang tetap tumbuh ekonominya dengan baik. Ujungnya adalah kesejahteraan masyarakat Kota Malang semakin hari semakin baik," tandasnya. 

Sebagai informasi, pelaksanaan penutupan Puncak Pekan QRIS Nasional 2022 digelar di seluruh kantor perwakilan BI di Indonesia, salah satunya di Kota Malang. 

Pada penutupan puncak Pekan QRIS Nasional 2022 tersebut dikemas dengan kegiatan gowes atau bersepeda bersama para petinggi dan pegawai Kantor Perwakilan BI Malang dengan beberapa tamu undangan khusus yakni Wali Kota Malang Sutiaji hingga Danlanal Malang Kolonel Laut Dewi Lestari, serta tamu undangan lainnya darisding-masing instansi terkait. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru