Tingkatkan Profesionalitas, 121 Wartawan Berkompeten Diikutkan OKK PWI Malang Raya

Aug 20, 2022 15:39
Kegiatan OKK angkatan ke II yang diselenggarakan PWI Malang Raya (Ist)
Kegiatan OKK angkatan ke II yang diselenggarakan PWI Malang Raya (Ist)

JATIMTIMES - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) Angkatan II - 2022. OKK ini diikuti oleh 121 wartawan yang telah dinyatakan lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Ketua PWI Malang Raya, Cahyono menyampaikan, jika OKK ini merupakan tindak lanjut dari UKW yang telah dilaksanakan sebelumnya. OKK ini merupakan kewajiban yang harus diikuti oleh mereka yang telah lolos UKW. 

"OKK ini merupakan regulasi dari PWI pusat bahwa teman-teman yang sudah lulus UKW harus ikut OKK," ungkapnya. 

OKK ini akan lebih meningkatkan wawasan para peserta tentang Kewartawanan dan Keorganisasian, termasuk juga terkait pemahaman terkait jurnalistik sehingga akan membuat peserta menjadi wartawan yang profesional. 

"Untuk itulah, ini sangat penting diikuti. Sehingga nantinya teman-teman bisa lebih profesional ketika menjalankan kegiatan jurnalistik," tuturnya.

Setelah mengikuti OKK ini, para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari OKK dan sertifikat UKW maupun kartu UKW sesuai jenjang yang diikuti sebelumnya. 

Selain itu, pihaknya juga mengimbau untuk para wartawan agar tetap menjaga nama baik, baik sebagai wartawan, pribadi maupun nama baik organisasi. Jika melanggar aturan hukum maupun melanggar kode etik maupun kode perilaku wartawan, tentu ada konsekuensi yang harus didapatkan.

 "Untuk itu teman-teman saya ingatkan agar tetap menjaga marwah organisasi, profesi dan bekerja sesuai dengan kaidah yang ada," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, mengapresiasi penyelenggaraan OKK PWI Malang Raya. Ini tentunya merupakan upaya untuk terus meningkatkan kemampuan para jurnalis, sehingga benar-benar menjadi jurnalis yang profesional.

Pihaknya mengibaratkan, setajam-tajamnya pisau, jika sering tidak dipakai atau tidak diasah, akan tumpul. Begitu juga wartawan. Jika memang sudah baik tapi kalau tidak OKK kan ya tumpul juga," kata Made.

 

1
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru