Malangtimes

Kurang Sedikit, Vaksinasi Covid-19 Anak di Dinkes Kota Batu Selesai Akhir Tahun

Aug 20, 2022 15:21
Salah satu nakes saat menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pelajar. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu nakes saat menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pelajar. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Kesehatan Kota Batu memasang target vaksinasi pada anak bisa tuntas pada akhir tahun 2022 ini. Sebab capaian vaksinasi Covid-19 pada anak kini sudah mencapai 91,26 persen atau 18.544 anak.

Dengan demikian kurang sedikit lagi untuk menyentuk persentase 100 persen. Hal ini menjadi kabar baik di tengah aktivitas belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19 sudah mulai kembali normal.

“Capaian itu memang sudah tinggi, tetapi kami masih berharap bisa menyelesaikan vaksinasi pada anak ini hingga 100 persen sampai akhir tahun 2022 ini,” kata Koordinator Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penanganan Bencana, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batu, dr Susana Indahwati.

Hal tersebut lantaran faktor orang tua yang sudah mengizinkan anaknya untuk divaksin Covid-19. Artinya, para orang tua sudah mulai sadar akan masa depan dan kesehatan anak-anaknya.

“Para orang tua sudah mulai menyadari pentingnya kesehatan anak terhindari dari Covid-19. Sehingga capaian vaksinasi pada anak ini membaik,” terang Susan.

Berbeda dengan dewasa, kategori anak-anak tidak mendapatkan vaksinasi booster. Sesuai ketentuan, vaksin booster diberikan kepada orang yang berusia di atas 18 tahun.

Sementara mengejar target vaksinasi pada anak, Pemkot Batu juga menargetkan lebih dari 11 ribu anak mendapatkan imunisasi di tahun 2022 ini.

Target imunisasi tahun ini lebih tinggi karena selama dua tahun lalu terkendala pandemi Covid-19. “Karena pandemi ini menbuat capaian imunisasi dasar anak di Kota Batu jadi terhenti,” tambah Susan.

Karena itu, Dinkes Kota Batu berupaya mengejar ketertinggalan tersebut. “Alasannya adalah karena banyak pembatasan, lalu orang tua takut membawa anaknya ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan imunisasi,” tutup Susan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru