Malangtimes

China Kembali Diamuk Covid-19, Kota Xiamen Sampai Tes Swab Ikan dan Kepiting

Aug 20, 2022 09:54
Ikan saat dites swab. (Foto: twitter @manyapan)
Ikan saat dites swab. (Foto: twitter @manyapan)

JATIMTIMES - Lonjakan kasus covid-19  kembali terjadi di China. Kasus tertingginya setelah tiga bulan terjadi pada Rabu (17/8/2022). Akibat lonjakan itu,  pemerintah di salah satu kota di China, yakni Xiamen, melakukan tes swab pada ikan dan hewan.

Dikutip dari The Straits Times, kasus covid-19 di China tercatat mencapai 3.424 infeksi  pada Rabu. Jumlah itu mengalami lonjakan dari 2.888 kasus sehari sebelumnya. Dari 3.424 kasus, sebanyak 2.018 berasal dari Provinsi Hainan.

Untuk mengetahui sumber lonjakan kasus covid-19 kali ini, pemerintah salah satu kota China melakukan tes hasil panen nelayan. Kota tersebut adalah Kota Xiamen. Pemerintah kota ini  mulai menguji nelayan dan hasil tangkapan mereka, termasuk ikan, terkait virus corona.

Dikutip melalui berbagai sumber, Kota Xiamen menilai penting untuk mengetes pekerja dan barang-barang yang mereka bawa. Tes swab pada mulut ikan dan bagian bawah kepiting. Sebab, dimungkinkan terdapat nelayan yang melakukan perdagangan tidak resmi dengan melakukan kontak dengan kapal asing di laut.

“Saat ini, seluruh masyarakat di Kota Xiamen perlu menjalani tes asam nukleat dan hasil tangkapan ikan juga harus diuji,” ungkap seorang pekerja di biro pengembangan lautan Xiamen.

Kebijakan ini membuat kontroversi di media sosial, mengingat sejumlah video yang menunjukkan ikan menjalani tes swab meramaikan dunia virtual.

“Tangkapan hari ini! Tidak peduli entah Anda muda, tua, ikan, atau kepiting, tak bisa kabur dari kebijakan nol-covid China dan tes asam nukleat,” ujar salah satu pengguna Twitter.

Sedangkan Pemerintah Provinsi Hainan membangun empat rumah sakit lapangan sampai pada Senin (16/8/2022). Pemerintah juga menyediakan lebih dari 7.000 kasur untuk pasien covid-19.

Selain itu, lebih dari 2.000 pegawai medis dari Shanghai, Shandong, Guanxi, dan sejumlah provinsi lain dikerahkan ke Hainan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru