Malangtimes

Makanan Ini Tingkatkan Kecerdasan Otak, Praktikkan Cara Konsumsinya

Aug 20, 2022 09:26
Alpukat dan bluberries. (Foto: pinterest)
Alpukat dan bluberries. (Foto: pinterest)

JATIMTIMES - Kecerdasan otak manusia sedikit banyak  dipengaruhi  makanan yang dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang disarankan pendakwah sekaligus pakar herbal dr Zaidul Akbar karena dapat meningkatkan kemampuan atau kecerdasan otak.

Beberapa buah yang bisa mencerdaskan otak adalah alpukat dan blueberries. Buah alpukat merupakan salah satu sumber lemak yang baik untuk jantung  serta meningkatkan kecerdasan otak.

“Langsung saja dimakan. Atau kalau tidak, cara mengonsumsinya beri garam mineral sedikit. Bisa dicampurkan dengan blueberries,” ucap  Zaidul.

Blueberries merupakan salah satu buah yang disebutkan oleh ilumawan sangat baik dalam meningkatkan mood booster atau meningkatkan kerja otak. Setelah dicampur dengan garam mineral, blueberries bisa ditambahkan sedikit madu. Kemudian diaduk sebentar dan bisa langsung dikonsumsi.

 “Menurut saya, setelah makan ini, kok kecepatan berpikir saya meningkat,” ucap Zaidul.

Cara konsumsi tersebut sederhana karena tidak perlu diblender. “Kalau diblender, nanti kunyahan kita nggak dapet. Kalau saya sih senengnya buah makan aja,” ujar  Zaidul.

Ada beberapa jenis makanan lain yang dapat mencerdaskan fungsi otak. Yakni extra virgin olive oil alias minyak zaitun extra virgin, dark chocolate, telur (telur ayam sehat tentunya, baik putih dan kuningnya).

Lalu daging sapi grass fed, daun yang berwarna hijau tua, brokoli, salmon liar (bisa diganti pakai ikan lokal yang hidup bebas seperti gabus), tomat. Ada juga almond, kismis, lemak sehat dari kelapa seperti santan (yang tidak dipanaskan), vco, dan sumber omega 3 secara umum seperti ikan-ikanan.

Meski demikian, di balik makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan otak, juga perlu diketahui bahwa ada makanan yang bisa membuat kemampuan otak menjadi lemah. Adapun makanan yang membuat otak lama berpikir di antaranya makanan yang tinggi kalori dan rendah gizi. Makanan-makanan dengan kriteria tersebut perlu dihindari agar kemampuan otak tidak lemah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru