Malangtimes

Lepaskan Frustrasi dengan Menangis, Begini Caranya jika Merasa Sulit

Aug 19, 2022 10:37
Ilustrasi menangis
Ilustrasi menangis

JATIMTIMES - Bagi sebagian orang, menangis adalah sikap cengeng dan bahkan dianggap sebagai pribadi yang lemah. Namun tahukah Anda bahwa menangis merupakan salah satu untuk melepaskan kecemasan, frustrasi, atau stres.

Bagi yang tidak biasa, menangis merupakan hal yang sulit. Ada kalanya juga orang tidak bisa menangis walaupun sebenarnya dalam suasana haru.

Menurut psikolog Olga Karasina PsyD, dari Midwest Counseling, menangis dapat membantu Anda melewati siklus stres dan melepaskan stres. Menangis juga bisa menjadi mekanisme yang menenangkan diri dan membantu membebaskan diri dari emosi yang telah ditahan.

Sulit menangis boleh jadi dipicu masalah medis seperti sindrom mata kering. Yakni jumlah air mata yang diproduksi tidak mencukupi. Juga bisa dipicu penyakit autoimun yang ditandai dengan mata dan mulut kering sehingga  membuat Anda sulit untuk meneteskan air mata. 

Selain itu, sulit menangis bisa dikarenakan obat-obatan tertentu, terutama antidepresan, antihistamin, kontrasepsi. Obat tekanan darah juga dapat membuat seseorang sulit meneteskan air mata sebagaimana dikutip dari Womens Health.

Lantas bagaimana caranya bisa menangis? Berikut 5 tips mudah menangis, dan merangsang mata meneteskan air mata dari ahli psikolog.

1. Hindari Berkedip

Cara termudah pertana untuk membuat diri menangis adalah dengan tidak berkedip. "Naluri alami tubuh Anda adalah mengedipkan mata untuk menghasilkan kelembapan dan mencegah puing-puing dan kotoran menempel dan berisiko menyebabkan infeksi," kata terapis Lena Suarez-Angelino.

Menurut dia,  saat seseorang melawan alam, tubuh Anda akan mencoba melakukan segala daya untuk mengalibrasi ulang.

Cobalah menatap dinding kosong selama 20 hingga 30 detik atau selama Anda bisa berdiri. Mata Anda kemungkinan besar akan mulai terbakar dan satu atau dua air mata akan jatuh. Jika Anda melakukan itu dan memikirkan sesuatu yang membuat Anda merasa sakit hati atau sedih, lalu menyanyikan lagu sedih, kemungkinan besar Anda akan mulai menangis.

2. Dengarkan Musik

Musik adalah cara yang bagus bagi orang untuk memanfaatkan emosi mereka. Karasina merekomendasikan untuk membuat lagu pilihan Anda dan memikirkan waktu yang memunculkan emosi bagi Anda secara pribadi.

Dia juga merekomendasikan untuk memasangkan ini dengan aktivitas lain seperti menghabiskan waktu di alam atau melakukan yoga di ruang luar favorit Anda sehingga  Anda merasa nyaman dan aman. Kombo ini dapat membantu Anda terhubung dengan diri sendiri dan menawarkan Anda kesempatan untuk sepenuhnya merangkul perasaan Anda saat ini.

3. Baca Kisah Sedih

Mirip dengan mendengarkan musik, membaca sesuatu yang sedih dapat membantu mengeluarkan air mata. “Beberapa judul buku terkenal karena membuat orang berkali-kali menangis, terlepas dari berapa kali mereka membacanya,” kata Suarez-Angelino.

Jika Anda merasa perlu latihan dengan metode ini, ia menyarankan untuk mencobanya sebulan sekali. Atau jika Anda merasa perlu lebih sering menangis, coba hal tadi seminggu sekali.

4. Mandi

Beberapa orang membutuhkan privasi untuk menangis dengan baik atau tidak suka perasaan air mata mengalir di pipi mereka. Jika itu masalahnya, cobalah mandi.

 “Cobalah mandi dan gunakan panca indera Anda untuk meredam suara tangisan sambil juga bisa memadukan air di wajah Anda dengan air mata yang mengalir,” kata Suarez-Angelino.

5. Bicaralah dengan Seseorang

Jika Anda mengalami kesulitan untuk berhubungan dengan emosi Anda, Karasina merekomendasikan untuk membuka dan berbagi perasaan Anda dengan seseorang yang Anda percayai seperti anggota keluarga, teman baik, atau pasangan. 

“Sesi terapi atau pembicaraan rentan yang baik dengan seseorang yang Anda percayai terkadang dapat menimbulkan perasaan dan membuat kita menangis,” tambahnya.

Nah itu tadi 5 tips untuk merangsang diri Anda bisa menangis. Silakan coba salah satu cara di atas untuk menangis. Jangan lupa siapkan tisu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru