Malangtimes

Dokter Yessica Tania Ungkap Penyebab Munculnya Flek di Wajah, Salah Satunya karena Memasak

Aug 19, 2022 08:37
Flek hitam di wajah
Flek hitam di wajah

JATIMTIMES - Keberadaan flek di wajah memang tidak berbahaya. Namun adanya flek di wajah sangat mengganggu penampilan.

Tidak ada wanita maupun pria yang menginginkan adanya flek di wajah. Sebab, selain membuat penampilan terganggu, flek di wajah juga menutupi wajah cerah kita.

Untuk menghilangkan flek itu, kita banyak menggunakan serangkaian produk skincare. Tetapi, produk saja tidak cukup. Kulit yang memiliki masalah ini butuh serangkaian perawatan yang tepat untuk mengurangi bahkan menghilangkannya.

Perlu diingat bahwa ada penyebab flek hitam bisa muncul di wajah. Hal itu disampaikan oleh dr Yessica Tania melalui video reels di Instagram pribadinya.

 Yessica mengungkapkan bahwa penyebab munculnya flek bisa saja oleh genetika. Selain genetika atau keturunan, flek juga bisa muncul akibat paparan sinar matahari yang langsung mengenai kulit. Perubahan hormon juga bisa memicu munculnya flek. 

Tak berhenti di situ. Dokter cantik itu juga mengungkapkan bahwa flek bisa muncul akibat paparan panas saat memasak. Ada studi yang menjelaskan bahwa paparan panas saat memasak ada kolerasinya dengan munculnya flek di wajah. Semakin lama wajah terkena panas saat memasak, maka fleknya akan semakin banyak.

Kemudian, Yessica  juga menjelaskan bahwa paparan panas yang terjadi  saat memasak tidak sebesar pengaruh sinar UV atau UVB. Namun, jika terlalu lama, maka flek membandel juga akan semakin berkembang.

"Memang kalau dibandingkan, lebih besar pengaruh exposure UV atau UVB dengan risiko terjadinya fisik. Tapi ada studi yang menemukan hubungan antara flek ‘membandel’ dengan exposure terhadap panas dan cahaya," tulis yessicatania di Instagram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru