Tingkatkan Literasi Budaya, Tim Pengabdian UB Sosialisasi Tour Candi Berbasis Aplikasi Mobile

Aug 18, 2022 18:27
Tim Pengabdian UB Sosialisasi Tour Candi Berbasis Aplikasi Mobile kepada siswa SMPN 4 Kota Malang. (Foto: Istimewa).
Tim Pengabdian UB Sosialisasi Tour Candi Berbasis Aplikasi Mobile kepada siswa SMPN 4 Kota Malang. (Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Guna meningkatkan literasi budaya bagi masyarakat, terutama bagi siswa, tim pengabdian Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan sosialisasi hasil karya berupa digitalisasi relief candi ke dalam aplikasi berbasis android. Aplikasi tersebut menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). 

Penciptaan aplikasi tersebut untuk membantu siswa dan masyarakat umum mengenal warisan budaya berupa candi yang sarat mengandung nilai-nilai karakter dan pembelajaran. Selama ini banyak masyarakat yang belum mengenal dan mengunjungi candi, terutama Candi Jago yang terletak di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.  

Pengabadian ini dilaksanakan oleh Prima Zulvarina, S.S., M.Pd. (Filkom) sebagai Ketua Pelaksana, Noveria Aggraeni F., S.S., M.Pd. (Fisip) dan Dr. Muhammad Hambali, S.S., M.Pd. (FIB) sebagai anggota yang tergabung dalam program pengabdian masyarakat yang dikoordinasi oleh UPT Pengembangan Kepribadian Mahasiswa UB.

Pengabdian berupa diseminasi aplikasi berbasis mobile ini dilaksanakan di SMPN 4, Jalan Veteran, Kota Malang pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Kepala SMPN 4 Kota Malang, Dr. Dra. Pancayani Dinihari, M.Pd. dan guru pembina Fina Mulianastiti, S.Pd. dalam sambutannya menyampaikan pentingnya siswa memiliki literasi yang luas, termasuk literasi budaya yang mengandung banyak pelajaran yang bisa membentuk karakter.

"Karakter harus dimiliki dan dibentuk sejak awal agar siswa memiliki ketahanan terhadap perubahan berbagai situasi di kemudian hari sehingga siswa dapat menjadi orang sukses," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima JatimTIMES, Kamis (18/8/2022).

Dalam sosialisasi ini, tim pengabdian terlebih dulu menggali informasi apakah siswa pernah berkunjung ke candi dan menggali sejauh mana pengetahuan siswa tentang informasi yang terdapat pada relief candi.

Lalu memandu siswa menginstal aplikasi ‘arca’ pada perangkat. Aplikasi arca memiliki beberapa fitur: tour candi dengan fitur kamera AR dan cerita dalam relief yang sudah diubah ke dalam bentuk Augmented Reality (AR)—gambar animasi bergerak. 

Cerita dalam relief Candi Jago banyak mengandung pelajaran moral yang diambil untuk membentuk karakter, terutama siswa. Di antaranya karakter kejujuran, kesabaran, keteguhan, dan kelapangan hati.

Dalam pelatihan ini, siswa dapat mengoperasikan beberapa fitur aplikasi dengan mahir. Selain itu, tim pengabdian memberikan beberapa kuis menggunakan Quizizz kepada siswa untuk mengukur pemahaman. Respons yang diberikan siswa sangat positif dan menyenangkan dalam mengikuti kegitan sosialisasi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru