4 Waktu Yang Dilarang untuk Tidur, Salah Satunya Sering Banget Dilakukan

Aug 18, 2022 10:26
Tidur
Tidur

JATIMTIMES - Tidur adalah cara kita untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Setelah tidur, tubuh merasa kembali bugar dan bersemangat.

Tidak semua waktu bisa digunakan untuk tidur, ada beberapa waktu yang memang dilarang untuk kita tidur.

Waktu tidur sendiri terkesan sepele karena hanya perihal waktu saja, namun dampak dari menyepelekan waktu tersebut yang akan membuatmu menyesal di kemudian hari. Dilansir dari Instagram @mediasehatku, ada beberapa waktu yang tidak diperbolehkan untuk tidur. Lantas waktu apa sajakah yang dilarang untuk tidur? Simak penjelasannya berikut ini.

Setelah Salat Subuh atau di Awal Pagi

Setelah salat subuh kita kebanyakan memilih tidur kembali saat melihat masih ada kesempatan. Padahal hal tersebut tidak baik dan dapat membahayakan kesehatan tubuh, dapat menyebabkan rasa malas dan tidak bersemangat menjalankan aktivitas pada siang harinya. Selain itu, tidur diawal pagi dapat menghambat datangnya rezeki.

Setelah makan

Ketika selesai makan, harus ada jeda sebentar agar makanan yang masuk dapat dicerna dengan baik oleh tubuh. Jika setelah makan langsung tidur, maka proses pencernaan tidak bekerja secara maksimal sehingga berdampak pada proses pencernaan.

Tidur sepanjang hari

Tidur sepanjang hari selain sakit atau penyebab yang lain hukumnya makruh dalam islam. Penyebabnya adalah dapat mematikan hati, menimbulkan kemalasan, dan gangguan kesehatan tubuh.

Setelah salat ashar menjelang magrib

Waktu-waktu ini sangat tidak dianjurkan untuk tidur karena akan menyebabkan linglung, pusing, badan sakit dan justru seperti orang sakit. Bahkan ada yang bilang jika keseringan tidur sore dapat menyebabkan terganggunya pikiran dan jiwa. 

Nah itulah beberapa waktu yang dilarang untuk tidur. Namun, jika dilihat dari alasannya cukup logis ya, jadi masuk akal banget untuk diikuti demi kesehatan tubuh kita sendiri. Nah siapa disini yang masih sering tidur lagi setelah shalat subuh? Pasti masih banyak ya, hehe. 

Yuk, amalkan larangan waktu tidur ini kepada orang terdekat maupun diri sendiri, semangat untuk sehat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru