KPU Loloskan 24 Parpol, Coret 16 Pendaftar dari Daftar Peserta Pemilu 2024

Aug 18, 2022 08:45
Ilustrasi penyelenggaraan Pemilu.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi penyelenggaraan Pemilu.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Sebanyak 24 partai politik (parpol) dari 40 yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai peserta Pemilu 2024 dinyatakan berkasnya telah lengkap. 

Sedangkan sisanya sebanyak 16 parpol, berkasnya harus dikembalikan. Pengembalian tersebut lantaran berkas keenam belas parpol ini tidak lengkap dan tidak memenuhi persyaratan. 

"Selesai pemeriksaan berkas yang memberi berkas fisik. Keenam belas parpol yang dokumennya tidak lengkap kami kembalikan," ujar ujar Ketua Divisi Bidang Teknis KPU, Idham Holik dalam konferensi pers, Selasa (16/8/2022).

Sementara itu, saat ini KPU tengah melanjutkan pada proses verifikasi administrasi (vermin). Tahapan vermin ini hanya dilakukan untuk 24 parpol nasional yang berkas dan dokumennya telah diterima dan dinyatakan lengkap untuk proses lanjut.

"Total 24 parpol yang dokumen pendaftarannya diterima dan dinyatakan lengkap dan lanjut proses verifikasi administrasi," imbuh Idham dikutip dari detik.com.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan berkas yang tidak lengkap tidak bisa didaftarkan sebagai parpol peserta Pemilu 2024.

"Dokumen tidak lengkap dan tidak dapat didaftar," ujarnya.

Sebagai informasi, 16 partai yang tidak lolos tersebut adalah Partai Reformasi, Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai), Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI), Partai Kedaulatan Rakyat, Partai Berkarya, Partai Indonesia Bangkit Bersatu, Partai Pelita, Partai Kongres, Partai Karya Republik (PAKAR), Partai Bhineka Indonesia, Partai Pandu Bangsa, Partai Perkasa, Partai Masyumi, Partai Damai Kasih Bangsa, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Kedaulatan.

Sedangkan 24 parpol nasional yang dinyatakan lolos untuk dilakukan vermin adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PPB), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Demokrat, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kemudian Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Buruh, Partai Republik, Partai Ummat, Partai Republiku Indonesia, Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) dan Partai Republik Satu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru