Siap-Siap Baper, 5 Girl Group K-Pop Habis Kontrak 2022

Aug 17, 2022 15:59
Personel Girl Group KPop Oh My Girl
Personel Girl Group KPop Oh My Girl

JATIMTIMES - Setiap tahunnya dunia K-Pop selalu melahirkan group idol yang fantastis. Akan tetapi pada sisi lain, para penggemar juga harus mengucapkan selamat tinggal untuk group kesayangan mereka.

Gagal bersaing merebut penggemar bukan menjadi faktor tunggal bubarnya Girl Group maupun Boy Group KPop. Bubarnya grup juga dikarenakan kebijakan pemerintah Korea Selatan. Masa kontrak antara artis dengan agensi dalam sebuah grup di Korsel dibatasi. 

Berdasarkan regulasi Fair Trade Commission Korea Selatan, sebuah agensi hiburan diizinkan memberikan kontrak untuk artisnya maksimal selama 7 tahun. Setelahnya, jika ada persetujuan dari kedua belah pihak, kontrak bisa dilanjutkan kembali. Nah di tahun 2022 ini ada sejumlah idola K-Pop yang debut di tahun 2015 dihadapkan dengan pembaruan kontrak kerja. 

Diterjemahkan dari Soompi.com dan dikutip dari detik.com, serta berbagai sumber, ada group yang sudah memutuskan untuk melanjutkan kontrak kerja, mengakhirinya lalu bubar, ada juga lainnya yang masih memilih untuk menunda.

Berikut 5 girl group K-Pop yang masa kontraknya berakhir di 2022. Apakah salah satunya adalah Girl group idolamu?

1. DIA (MBK Entertainment)

Personil Girl group DIA

DIA memulai debutnya pada 14 September 2015 di bawah naungan MBK Entertainment. DIA telah melalui beberapa perubahan line-up dan saat ini memiliki tujuh anggota. Masa depan girlband ini pun terlihat tidak pasti lantaran comeback mereka terakhir pada Mei 2020 tanpa Chaeyeon dan Somyi. Selain itu, agensi tampaknya mendorong karier akting Chaeyeon. Sehingga, beredar rumor yang menyebut DIA akan dibubarkan. Namun hingga kini, pihak manajemen masih belum membuka suara.

2.TWICE (JYP Entertainment)

Personil Girl group TWICE

Twice Girl group beranggotakan sembilan perempuan cantik yang memulai debutnya pada tahun 2015 baru-baru ini menarik perhatian pasar barat. TWICE sendiri dibentuk melalui acara survival KPop. Mereka bahkan mendapatkan gelar “Nation’s Girl Group” dari netizen Korea Selatan karena visualnya yang menawan dan vokal kelas atas. Tidak diragukan lagi, lagu mereka kerap masuk peringkat teratas sejak debut.

Tetapi, kontrak mereka selama tujuh tahun dengan JYP Entertainment akan berakhir pada 2022 ini. Meskipun kemungkinan perpanjangan kontrak, penggemar juga khawatir mengenai Mina dan Jongyeon. Sebab, kedua anggota TWICE ini telah berjuang dengan kesehatan mental mereka di masa lalu. Faktor-faktor ini kemudian membuat para penggemar takut bahwa mereka mungkin tidak dapat melihat kedua artis tersebut bersama JYP tahun depan.

3. CLC (Cube Entertainment)

Personil CLC


Memulai debutnya pada Maret 2015 lalu, grup Crystal CLear atau yang lebih dikenal dengan CLC berada di bawah naungan Cube Entertainment. Meskipun memiliki anggota yang sangat berbakat, girl grup beranggotakan tujuh orang ini memiliki karier yang tidak stabil sejak debut. Bahkan, banyak penggemar merasa yakin kalau CLC akan bubar seiring kontrak tujuh tahun dengan Cube Entertainment berakhir pada 2022.

Tidak hanya itu, para penggemar juga mulai meragukan masa depan CLC setelah Yujin memutuskan untuk berpartisipasi dalam acara survival K-Pop, Girls Planet 999. Yujin pun keluar sebagai juara ketiga dan telah memulai debutnya dengan daftar pemenang lain sebagai Kep1er. Dia juga menjadi pemimpin Kep1er.

Setelah pernyataan Yujin, Cube Entertainment tidak membagikan kabar resmi apa pun tentang masa depan CLC. Dengan demikian, banyak yang percaya grup satu ini akan berakhir kontrak mereka pada tahun 2022 dan berpisah dari Cube untuk selamanya.

4.April (DSP Media)

Girlgroup April

Grup yang dinaungi oleh DSP Media, kontrak April juga akan berakhir pada tahun 2022. Girl grup beranggotakan enam perempuan cantik ini memulai debutnya pada Agustus 2015 lalu dan telah merilis banyak lagu hit.

Namun, setelah comeback terakhir mereka pada Juli 2020, April diterpa banyak kontroversi. Segalanya menjadi menurun untuk April setelah anggota Hyunjoo mengklaim bahwa dia meninggalkan grup setelah dibully oleh anggota grup lainnya. Mereka pun kehilangan banyak kontrak yang memiliki nilai fantastis.

5. Oh My Girl (WM Entertainment)

Personil Girlgroup Oh My Girl

Oh My Girl memulai debutnya sejak 21 April 2015 dengan delapan anggota, tetapi sekarang berpromosi sebagai tujuh anggota. Pada tahun 2020, girl grup ini mencapai kesuksesan dengan lagu “Nonstop”, yang membuat mereka mendapatkan acara musik all-kill pertama mereka.

Meskipun kontrak mereka berakhir pada 2022, lima anggotanya telah memperbarui kontrak mereka dengan WM Entertainment pada Oktober 2021 kemarin. Saat ini, hanya Jihyo dan Mimi yang belum memperpanjang kontrak mereka dengan WM Entertainment.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru