Mahasiswa FE UIN Malang, Sabet Juara 1 Nasional dalam Pekan Ilmiah Akuntansi 2022

Aug 16, 2022 16:45
Tiga mahasiswa dari Fakultas Ekonomi UIN Malang, sabet juara 1 nasional dalam Pekan Ilmiah Akuntansi 2022 (Ist)
Tiga mahasiswa dari Fakultas Ekonomi UIN Malang, sabet juara 1 nasional dalam Pekan Ilmiah Akuntansi 2022 (Ist)

JATIMTIMES - Prestasi tingkat nasional diraih Tim Akuntansi FE Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Tim FE UIN Maliki Malang meraih juara 1 dalam kompetisi Akutansi Nasional pada Pekan Ilmiah Akuntansi (PIA) 2022 di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (10-12/8/2022).

PIA merupakan rangkaian perlombaan, yang terdiri dari : Accounting Competition, seminar nasional, workshop nasional dan field trip.

Kompetisi dalam Pekan Ilmiah Akuntansi ini diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Trisakti,  Lambung Mangkurat, Universitas Udayana, Marwadewa, Poltek Bandung, Poltek Padang, STIA, Universitas Surakarta dan yang lainnya.

Bisa lolos dalam penyisihan hingga menjadi juara, tentunya tak mudah dilalui tim FE UIN Maliki Malang yang terdiri dari 3 mahasiswa dari Prodi Akuntansi, yakni Rifqi Rizaldi, Achmad Nur Huda, dan Ahmad Alfian.

Babak penyisihan dilakukan secara online dengan cara mengerjakan 100 soal pilihan ganda. Hal tersebut dengan mudah dilewati oleh tim FE UIN Maliki Malang.

1

Pada semifinal dan final, tantangan yang harus dilalui oleh Tim FE UIN Malang cukup berat. Peserta diminta menjawab 20 soal secara lisan dan tertulis. Dalam menjawab pun harus dilakukan cepat-tepat. Setelah itu, dilakukan presentasi isu akuntansi yang tengah menjadi isu terkini.

Dari tahapan-tahapan tersebut, berhasil dilalui Tim FE UIN Malang dengan lancar. Hasil akhir, Tim UIN Malang memperoleh akumulasi nilai akhir 291,75 dan memperoleh peringkat juara pertama.

Dijelaskan Rifqi, soal yang diajukan dalam kompetisi akuntansi sangat beragam. Soal mulai dari Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Perpajakan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya,  Auditing, Teori Akuntansi, Manajemen Investasi & Pasar Modal, Manajemen Keuangan, Sistem Informasi Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, dan Isu Akuntansi Terkini.

Untuk itu, dalam mempermudah penguasaan dana pemahaman materi, ia dan tim kemudian berbagi tugas, agar dalam pemahaman materi bisa lebih optimal. "Alhamdulillah, kami dapat meraih juara 1 di ajang ini," kata Rifqi, mewakili tim.

Mahasiswa semester 7 ini, menyampaikan, jika perlombaan ini merupakan ajang terkahir yang diikuti. Sebab, kedepan ia harus mendorong untuk adanya kader atau mahasiswa lain untuk meneruskan dan mempertahankan gelar juara dua tahun mendatang.

"Kami harus mempersiapkan kader untuk meraih prestasi di ajang Pekan Ilmiah Akuntansi dua tahun mendatang," kata mahasiswa yang juga aktif dalam organisasi Generasi Baru Indonesia (GenBI) ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru