UIN Malang Masuk 3 Besar PTKIN Terbaik di Indonesia Versi UniRank

Aug 15, 2022 14:03
Kampus UIN Maliki Malang (Doc MalangTIMES)
Kampus UIN Maliki Malang (Doc MalangTIMES)

JATIMTIMES - 4 International College and Universities (4ICU) UniRank merilis daftar peringkat terbaru kampus terbaik di dunia tahun 2022. Perguruan Tinggi di Indonesia juga masuk masuk dalam pemeringkatan. Namun informasi berikut ini lebih spesifik pada peringkat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

UniRank merilis kampus-kampus PTKIN terbaik di Indonesia.  Kampus-kampus itu berada di berbagai wilayah di Indonesia. Dan salah satu kampus peringkat teratas tersebut, kampusnya berada di Malang, yakni UIN Maliki Malang

UIN Maliki Malang berada di posisi ketiga sebagai PTKIN terbaik di Indonesia, setelah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Raden Intan Lampung.

Peringkat teratas itu, tentunya membuat jajaran civitas UIN Maliki Malang bangga. Rektor UIN Maliki Malang Prof Zainuddin menyampaikan, berbagai upaya dilakukan untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kualitas UIN Maliki Malang menjadi kampus unggul bereputasi internasional.

"Kami sedang terus menggenjot (kenaikan peringkat) untuk UniRank dan Webo (Webometrics)," ungkap Rektor yang akrab disapa Prof Zain.

Tentunya, UIN Maliki Malang terus berkomitmen untuk menjadi kampus yang terbaik. Ke depan, berbagai startegi akan dilakukan untuk menjadikan kampus Unggul bereputasi internasional. Bahkan, Rektor asal Bojonegoro ini,  juga mentargetkan ke depan untuk bisa menduduki peringkat teratas. 

"Semester depan ditarget nomer 1," kata Rektor ketika dihubungi melalui sambungan WhatsApp.

Selain target untuk menduduki peringkat teratas, pihaknya juga berharap untuk terus menggenjot jumlah akreditasi unggul nasional maupun internasional. "Diharapkan, ini terus bertambah. Disertai dengan akreditasi internasional yang saat ini sedang diajukan 8 prodi," paparnya.

Sementara itu, dalam pemeringkatan UniRank, terdapat beberapa kriteria yang itu menjadi patokan atau indikator menentukan sebuah kampus menjadi yang terbaik. Diantaranya :

1. Perguruan tinggi telah diakui dan mendapatkan lisensi atau akreditasi dari lembaga yang memiliki kewenangan di Indonesia.
2. Perguruan tinggi menawarkan gelar sarjana empat tahun (S1) atau gelar pascasarjana (S2 dan S3).
3. Perguruan tinggi menggelar kuliah dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, maupun secara daring atau online.

Dari indikator tersebut, berikut 10 PTKIN Terbaik Indonesia dari beberapa PTKIN yang ada versi UniRank 2022.

1. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Peringkat nasional: 25.
2. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Peringkat nasional: 30.
3. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang
Peringkat nasional: 40.
4. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Peringkat nasional: 42.
5. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Peringkat nasional: 46.
6. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Peringkat nasional: 55.
7. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Peringkat nasional: 69.
8. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Peringkat nasional: 91.
9. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Peringkat nasional: 93.
10. Universitas Islam Negeri Raden Fatah
Peringkat nasional: 101.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru