Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Pura di Pulau Ismoyo Jadi Daya Tarik Wisata Pantai Balekambang

Penulis : Faishal Hilmy Maulida - Editor : Redaksi

03 - Jan - 2016, 19:37

Wisatawan yang berkunjung di Pantai Balekambang antri menuju Pura Amerta Jati melalalui jembatan yang menghubungkan pesisir Pantai Balekambang dan Pulau Ismoyo. (Foto: Hilmy / MALANGTIMES)
Wisatawan yang berkunjung di Pantai Balekambang antri menuju Pura Amerta Jati melalalui jembatan yang menghubungkan pesisir Pantai Balekambang dan Pulau Ismoyo. (Foto: Hilmy / MALANGTIMES)

MALANGTIMES - Pantai Balekambang merupakan salah satu Pantai di selatan Kabupaten Malang yang memiliki daya tarik tersendiri dengan adanya Pura yang terdapat di Pulau Ismoyo. Letaknya persis di seberang pantai Balekambang, dapat ditempuh dengan menyebrangi jembatan yang terhubung langsung dengan bibir pantai.

Pura Amerta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo seberang Pantai Balekambang ini diresmikan pada tahun 1985 oleh Edi Slamet yang kala itu menjabat sebagai bupati daerah tingkat II, Malang. 

Baca Juga : Curhat Pelaku Pariwisata ke Menteri Pariwisata Wishnutama, Seperti Apa ?

Apabila diamati bentuk arsitekturnya mirip dengan pura-pura yang ada di Tanah Lot Bali. Di Pura tempat sembahyang umat Hindhu inilah sering diselenggarakan upacara keagamaan salah satunya adalah ritual Jalani Dhipuja. Ritual ini dilaksanakan tiga hari sebelum hari raya Nyepi. 

Puncak dari ritual ini adalah pada saat Jolen Larung atau melarung persembahan ke laut sebagai wujud rasa syukur atas semua karunia yang diberikan selama ini dan juga bertujuan untuk mengusir kemalangan di masa yang akan datang.

Keberadaan Pura ini menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Balekambang, hampir setiap pengunjung yang datang ke Pantai yang letaknya di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang ini merasa rugi rasanya apabila tidak menyenpatkan berkunjung ke Pulau Ismoyo.

Seperti pengakuan Subandrio, wisatawan asal Tuban yang berkunjung bersama istri dan kedua anaknya ini mengaku sebelumnya penasaran dengan keberadaan Pura Amerta tersebut, karena sebelumnya ia hanya mendapat cerita dari rekan maupun dari media.

"Saya justu penasaran dengan pura yang ada di pantai ini, karena setahu saya pantai yang ada pulaunya ya di Bali," ungkapnya kepada MALANGTIMES, ditemui ketika akan menuju Pulau Ismoyo, Minggu (3/1/2015)

Baca Juga : Penutupan Tempat Wisata dan Hiburan di Kota Batu Diperpanjang sampai 21 April

Sebenarnya ia sudah lama mengetahui keberadaan Pura Amerta Jati di Pantai Balekambang, namun baru kali ini bisa menyempatkan berkunjung. "Niatnya memang ke Malang untuk berlibur, sekalian ke pantai Balekambang," terangnya.

Dia menginginkan kedepan pengelolaan pantai berpasir putih ini dapat ditata lebih serius supaya mampu menarik lebih banyak wisatawan. 

"Pantainya sudah bagus, dan ada Puranya yang mana itu menjadi daya tarik tersendiri, namun masih banyak sampah dan jalur masuknya untuk parkir  macet, semoga kedepan lebih ditata," harapnya. (*)


Topik

Wisata Berita-Malang Wisata-Kabupaten-Malang Pantai-Balaikambang Pura-Pulau-Ismoyo


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Faishal Hilmy Maulida

Editor

Redaksi