Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Wisata

Terus Menggeliat, Okupansi Hotel Kota Batu Weekend Capai 80 Persen

Penulis : Irsya Richa - Editor : Lazuardi Firdaus

14 - Aug - 2022, 14:40

Salah satu wisatawan saat berswafoto di hotel Kota Batu dengan view pemandangan. (Foto: istimewa)
Salah satu wisatawan saat berswafoto di hotel Kota Batu dengan view pemandangan. (Foto: istimewa)

JATIMTIMES - Tingkat kunjungan di Kota Batu mengalami peningkatan yang cukup pesat, tercatat hingga akhir Juli sudah mencapai 3,4 juta wisatawan. Hal tersebut juga berimbas pada tingkat kunjungan atau okupansi pada hotel di Kota Batu.

Dari catatan Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Kota Batu okupansi pada hari biasa atau weekday mencapai 50 persen. Saat akhir pekan atau weekend mencapai 80 persen hingga 100 persen.

Ya setelah tren pandemi Covid-19 mulai landai dan banyak kelonggaran aturan, membuat angka kunjungan ke Kota Batu mengalami peningkatan. Tentu ini snagat membantu peningkatan perekonomian di Kota Batu yang mulai menggeliat.

“Hari biasa itu sudah 50 persen, kalau weekend sekarang sudah sampai 80 sampai 100 persen,” ungkap Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi, Minggu (14/8/2022).

Peningkatan okupansi ini, mulai terjadi sejak pertengahan bulan Juni 2022 lalu. Melihat tren itu, Sujud optimistis angka kunjungan wisata bisa terus meningkat hingga akhir tahun 2022.

Namun Sujud mengakui jika puncak tertinggi kunjungan wisatawan sejak libur sekolah lalu. Hingga saat ini juga banyak kunjungan wisatawan dari berbagai daerah.

Sebelumnya, ekonomi pariwisata Kota Batu sempat anjlok selama masa pandemi Covid-19. Ya okupansi hotel selama 2 tahun terakhir lalu pernah di angka 0 persen.

Menurutnya saat ini adalah masa pemulihan sektor hotel di Kota Batu. Karena itu Sujud berharap agar pandemi Covid-19 semakin mereda. “Sehingga kegiatan ekonomi pariwisata Kota Batu bisa kembali berjalan normal seperti sediakala,” harap Sujud yang juga Direktur Utama Taman Rekreasi Selecta ini.

Sedang dari data Dinas Pariwisata Kota Batu hingga akhir Juli tingkat kunjungan ke Kota Batu tembus 3,6 juta wisatawan. Dengan demikian untuk mencapai target 5 juta wisatawa hingga akhir tahun mendatang, Pemkot Batu perlu mendatangkan 1,4 juta wisatawan.


Topik

Wisata


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Lazuardi Firdaus