Tips Hidup Sehat Tanpa Kolesterol Tinggi, Waspadai Makanan Ini

Aug 14, 2022 11:43
fast food
fast food

JATIMTIMES - Makanan pokok adalah yang paling utama dalam memenuhi kebutuhan kalori. Konsumsi makanan ringan (camilan) juga bisa untuk tambahan memenuhi kebutuhan kalori. Namun, ada beberapa camilan trend sekarang yang mengandung kolesterol tinggi.

Kolesterol tinggi saat ini tidak sedikit pemicunya. Makanan seperti fast food sangat diminati oleh setiap kalangan akhir-akhir ini. Padahal menurut WHO (World Health Organization) normalnya kadar kolestoral yaitu kurang dari 200mg/dL. 

Meningkatnya kadar kolesterol tinggi dapat membahayakan kesehatan dan berisiko terhadap berbagai penyakit seperti jantung, stroke, obesitas, dan diabetes yang parahnya bisa merenggut nyawa.

Jangan sampai karena terlalu asik mengikuti makanan viral kamu membahayakan diri sendiri. Lebih selektif lagi untuk memilih makanan yang sehat. Jangan lupa untuk mengecek kadar kolesterol setidaknya sebulan sekali.

Berikut Malangtimes.com rangkum makanan viral yang mengandung kolesterol tinggi dari berbagai sumber.

1. Sosis

Daging olahan satu ini sangat diminati, terutama anak-anak. Sebuah studi menyatakan bahwa jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan penyakit jantung dan kanker usus besar. Sosis dari daging olahan sapi tanpa lemak mengandung sekitar 300mg kolesterol.

2. Gorengan

Kenikmatan gorengan yang biasa disantap di pagi hari bersama teh atau kopi memang tidak diragukan lagi. Namun, makanan yang serba goreng sebaiknya dihindari karena mengandung kolesterol tinggi. Ditambah lagi jika minyak yang digunakan tidak pernah diganti, maka akan menjadi lemak jahat dan dapat memicu kanker.

3. Risoles Mayo

Makanan dengan balutan tepung, mayonaise tinggi lemak, kemudian digoreng  saat ini sedang trending di tiktok. Proses dari pembuatan mayonaise sendiri terbuat dari minyak, kuning telur mentah, cuka, garan dan mustrad. Kandungan dari sewadah mayonaise adalah 1.440 kalori, 24 gram lemak jenuh , dan 160 gram lemak.

4. Cake dan Kukis

Manisnya dari camilan ini memang banyak disukai. Padahal beberapa darinya termasuk dalam camilan dengan kolesterol tinggi Terdapat gula tambahan, lemak jenuh, dan kalori tinggi. Mengkonsumsi berlebihan dapat beresiko mengalami kenaikan berat badan hingga obesitas.

Dikutip dari studi unila, dikatakan bahwa buah naga berpengaruh dalam menurunkan kadar kolesterol total. Zat buah naga merah yang berperan dalam menurunkan kolesterol total adalah antosianin, salah satu jenis flavonoid yang bekerja untuk menghambat cholestryl ester transfer protein (CETP) dan menghambat enzim HMG-CoA reduktase.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru